Mata Kuliah Komunikasi Politik (3 SKS)
Mata kuliah Komunikasi Politik mengkaji substansi proses komunikasi dalam konteks politik yang mencakup definisi, aktor, efeknya. Berada dalam konteks pemerintahan yang demokratis, mata kuliah ini turut membahas konsep ruang publik dan opini publik. Perkembangan teknologi mendorong matkul komunikasi politik memberikan porsi pada pembahasan tentang demokrasi dalam ruang virtual. Pembelajaran dilakukan selama satu semester dengan menggunakan metode presentasi, diskusi, serta penugasan pribadi dan kelompok. Penilaian dilakukan melalui tes tulis, kinerja, dan portofolio
1. Mampu mengaplikasikan sikap yang kritis melihat fenomena komunikasi politik yang terjadi, dan paham terhadap penggunaan IPTEKS yang berkembang saat ini untuk menunjang komunikasi politik, dan mampu mengikuti dan beradaptasi dengan isu-isu komunikasi politik yang terbaru.
2. Membahas berbagai bahan kajian yang mencakup ruang lingkup komunikasi politik, peristiwa yang terjadi pada komponen-komponen komunikasi politik, pengaruh sistem politik terhadap perilaku komunikasi politik, propaganda melalui media, agenda seting politik di dalam media, fenomena lembaga survey, survey politik, dan negosiasi politik.
3. Mampu mengambil keputusan konsep yang tepat dalam mendiskusikan fenomena dan data politik yang terjadi dengan perspektif komunikasi politik, dan mampu memberikan petunjuk secara individu dan kelompok, dalam memilih berbagai alternatif solusi dari permasalahan proses komunikasi politik.
4. Bertanggung jawab pada penyelesaian tugas makalah individu yang menganalisa fenomena politik berdasarkan perspektif komunikasi politik, dan juga bertanggung jawab untuk mempresentasikan jurnal komunikasi politik secara kelompok.
1. Brian Mc Nair. 2011. An Introduction to Political Communication (5th edition). London: Routledge
2. Darren G. Lilleker. 2006. Key Concepts In Political Communication. London: Sage
3. Jalaludin Rakhmat. 2006. Komunikasi Politik . Bandung: Rosdakarya
4. Deddy Mulyana. Komunikasi Politik. Bandung: Rosdakarya
5. Kuskridho Ambardi. 2009. Politik Kartel. Jakarta: LSI dan KPG
6. Dietram A.Scheufels. 2006. Framing, Agenda Setting, and Priming: Three Evolution of Three Media Effects Models. Journal of Communication Vol 57, Issue 1.
7. Gary D. Rawnsley. 2005. Political Communication and Democracy . New York: Palgrave MacMilan
8. Walter Lipman. 1998. Public Opinion. New Bruns Wick: Transaction Publishers.
9. David T. Hill dan Krishna Sein. 2005. The Internet in Indonesia 19s New Democracy. New York: Routledge.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM