Mata Kuliah Manajemen Humas (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Mengkaji substansi krisis dalam public relations, sistem informasi, pengaruh internal dan eksternal dalam perspektif PR, serta evaluasi program PR. Pembelajaran dilakukan selama satu semester dengan strategi exposition-discovery learning, metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, studi kasus, simulasi, dan praktik membuat program kehumasan. Penilaian dilakukan melalui tes tertulis, kinerja, dan evaluasi program kegiatan.
Capaian Mata Kuliah :
- Mampu merancang dan melakukan program branding, promotion, atau penanggulangan krisis PR serta memanfaatkan IPTEKS dalam melakukan tugas-tugasnya
- Menguasai konsep teoritis manajemen humas, terutama manajemen krisis PR sehingga mampu menyelesaikan permasalahan yang muncul
- Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang kehumasan, dan memberikan petunjuk berbagai alternatif solusi secara mandiri dan berkelompok
- Mampu memimpin tim kerja public relations dan beradaptasi dengan setiap lingkungan/ kondisi yang ditemui
Sumber Rujukan :
- Cutlip, SM. Center, AH, & Broom, GM. Effective Public Relations. Edisi ketujuh. Englewoods Cliff NJ: Prentice Hall International.
- Grunig, JE & Hunt, T. Managing Public Relations. New York: Holt, Rinehart & Winston.
- Iriantara, Yosal.2004. Manajemen Strategis Public Relations. Jakarta: Ghalia.
- Kasali, Rhenald. 1994. Manajemen Public Relations. Jakarta: Pustaka Grafiti.
- Moore, Frazier.2004. Humas: Membangun Citra Dengan Komunikasi. Bandung: Rosda.
- Morrisan. 2008. Manajemen Public Relations, Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana.
- Widodo.2006. Membangun Usaha dengan Kekuatan Image. Yogyakarta: Penerbit Pinus.
- Putra, I Gusti Ngurah. 1999. Manajemen Hubungan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Atmajaya.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM