Mata Kuliah Marketing Politik (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah marketing polirik mengkaji praktik pemasaran dalam konteks komunikasi politik. Kajiannya meliputi aktor - aktor yang beraktivitas seperti komunikator, konsumen politik, serta fenomena tim pemenangan. Selanjutnya pembahasan dilanjutkan pada ragam strategi komunikasi mulai komunikasi langsung, komunikasi termediasi, hingga iklan. Mata kuliah ini bersifat praktis sehingga proses pembelajaran akan lebih banyak bertumpu pada keaktifan dan observasi langsung di lapangan.


Capaian Mata Kuliah :


1. Mampu mengaplikasikan sikap yang kritis melihat fenomena komunikasi politik yang terjadi, dan paham terhadap penggunaan IPTEKS yang berkembang saat ini untuk menunjang dan beradaptasi dengan isu-isu marketing politik.

2. Membahas berbagai bahan kajian yang mencakup ruang lingkup marketing politik, peristiwa yang terjadi pada komponen-komponen komunikasi politik, pengaruh sistem politik terhadap perilaku komunikasi politik, propaganda melalui media, agenda seting politik di dalam media, fenomena lembaga survey, survey politik, dan negosiasi politik.

3. Mampu mengambil keputusan konsep yang tepat dalam mendiskusikan fenomena dan data politik yang terjadi dan mampu memberikan petunjuk secara individu dan kelompok, dalam memilih berbagai alternatif solusi dari permasalahan proses marketingi politik.

4. Bertanggung jawab pada penyelesaian tugas makalah kelompok yang menyusun strategi marketing politik dan bertanggung jawab untuk mempresentasikan strategi marketing politik secara kelompok.


Sumber Rujukan :

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM