Mata Kuliah Marketing Sosial (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mengkaji substansi teori model perubahan perilaku, perencanaan pemasaran yang meliputi: segmentasi dan target, kompetisi dan posisi, serta komunikasi dan media baru dalam marketing sosial, dan praktek marketing sosial dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, analisis studi kasus, dan simulasi.

Capaian Mata Kuliah :

Menerapkan program marketing sosial dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelesaian masalah sosial.

Menguasai konsep teoritis dan praktik strategi komunikasi pemasaran secara mendalam untuk memformulasikan penyelesaian permasalahan sosial.

Mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data (masalah, target audiens, tujuan, analisis kebutuhan) dan menyumbangkan ide dari berbagai alternatif solusi dalam komunikasi pemasaran di bidang sosial.

Bertangggung jawab pada penulisan dan pemaparan makalah serta pelaksanan dan pelaporan program marketing sosial.

Sumber Rujukan :
  1. Hastings, G., Angus, K., and Bryant, C. 2012. The Sage Handbook of Social Marketing . London: Sage Publication Ltd.
  2. McKenzie-Mohr, D. 2011. Fostering Sustainable Behavior: An Introduction to Community-Based Social Marketing 3rd ed. Gabriola Island: New Society Publishers.
  3. Donovan, R. 2010. Principles and Practice of Social Marketing: An International Perspective .
  4. Lee, N.R., and Kotler, P. 2016. Social Marketing: Changing Behaviors for Good . London: Sage Publication Ltd.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM