Mata Kuliah Physical Exercise Pada Bayi, Balita dan Anak Prasekolah (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Blok ini memberikan pengalaman belajar mahasiswa untuk memahami dan menganalisis kajian tentang physical exercise pada bayi, balita dan anak Prasekolah. Mahasiswa juga diharapkan mampu mengkonstruk pengetahuan baru melalui kegiatan pembuatan program physical exercise dan mampu melakukan praktik physical exercise pada bayi, balita dan anak Prasekolah. Blok ini berjalan selama 3 minggu.
Capaian Mata Kuliah :
- Mampu menjelaskan secara komprehensif konsep physical exercise untuk bayi, balita dan anak pra sekolah
- Mampu menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap physical exercise pada bayi, balita dan anak pra sekolah
- Mampu menyusun program physical exercise untuk bayi, balita dan anak pra sekolah yang berbasis bukti ilmiah (evidance based)
- Mampu melakukan physical exercise untuk tumbuh kembang dan meningkatkan kesehatan bayi, balita dan anak pra sekolah
Sumber Rujukan :
- Cheatum, B.A., Hammond, A. A. 2000. Physical Activities for Improving Children’s Learning and Behaviour: A guide to sensory motor development.
- Jager, M. 2009. BabyGym: Brain and Body Gym for Babies. Metz Press
- NHS. Physical activity guidelines for children (under 5 years)
- Brujins, B.A., Truelove, S., Johnson, A.M., Gilliland, J., Tucker, P. 2020. Infants’ and toddlers’ physical activity and sedentary time as measured by accelerometry: a systematic review and meta-analysis. Internasional Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity
- Prameswari, N.N.D., Pramita, I., Wahyudi, A.T. 2023. Baby Gym Practice to Improve Motor Development among Babies in the Banjar Batannyuh at Ages 6 to 9 Months. Journal RESPECS (Research Physical Education and Sports)
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM