Mata Kuliah Metodologi Penelitian (4 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah Metodologi Penelitian pada Program Studi Magister Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Surabaya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa dalam menerapkan berbagai metode penelitian yang dibutuhkan untuk penyusunan karya ilmiah dan secara spesifik digunakan untuk menyelesaikan tugas akhirnya. Mata kuliah ini dilaksanakan 16 kali pertemuan, termasuk didalamnya Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Perkuliahan dirancang dengan berbagai metode dan pendekatan yang melibatkan mahasiswa secara langsung, seperti pembelajaran tatap muka, diskusi, observasi lapangan dan penugasan dalam bentuk penyusunan proposal tesis. Materi perkuliahan meliputi berbagai jenis penelitian, baik secara kuantitatif, kualitatif, campuran (mixed methods) dan penelitian pengembangan. Mahasiswa juga dibekali pengetahuan tentang pendekatan eksperimen dan non-ekperimen, menentukan masalah dan variabel penelitian, review literature, teknik sampling, pemilihan intrumen penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data hingga penarikan simpulan.

Capaian Mata Kuliah :

1) CAPAIAN PEMBELAJARAN SIKAP

S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

S3 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S4 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menjalankan perannya di lingkungan masyarakat;

S5 Berkontribusi dalam peningkatan kualitas prestasi keolahragaan nasional yang mampu mengharumkan nama bangsa dan negara di kancah internasional;

S6 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

S7 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S8 Memiliki kepedulian terhadap kemajuan pembinaan olahraga di lingkungan masyarakat;

S9 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

2) CAPAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN UMUM

KU1 Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang keolahragaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

KU2 Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

KU3 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif daLam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

KU4 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yangmemperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

3) CAPAIAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KHUSUS

KK1 Ahli dalam bidang peningkatan olahraga prestasi;

KK2 Analis kemampuan dan penampilan atlet dalam berlatih dan bertanding;

KK3 Ahli dalam bidang penelitian dan pengembangan kepelatihan Olahraga.

KK4 Ahli dalam bidang pengajaran dan pengembangan keilmuan kepelatihan olahraga.

4) CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN

PP1 Menguasai prinsip prinsip berfikir logis, sistematis dan empiris dalam pengembangan teknologi dalam pembelajaran ilmu kepelatihan olahraga.

PP2 Mampu menganalisis dalam bentuk lisan dan tulisan secara ilmiah tentang perkembangan, peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga yang didukung dengan iptek kepelatihan olahraga.

PP3 Menguasai konsep teoritis, pengetahuan praktis, metoda dan instrumen analisis dalam manajemen olahraga (perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian).

5) CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) YANG DIRUMUSKAN BERDASARKAN PADA CAPAIAN PEMBELAJARAN (CPL)

1. Mampu membuat proposal penelitian sesuai dengan standar pedoman penulisan karya ilmiah yang dikeluarkan Universitas Negeri Surabaya.

2. Mampu membuat Artikel Ilmiah yang layak untuk dipublikasikan pada Jurnal Ilmiah yang terakreditasi.

Sumber Rujukan :

1. Lee Nelson, Ryan Groom, and Paul Potrac., 2014., Research Methods in Sports Coaching., New York: Routledge.

2. Peter O’Donoghue., 2010., Research Methods for Sports Performance Analysis. New York: Routledge.

3. Pongcrac ACS, 20.15., Reseach Methodology in Sport Sciences., Publishing by University of Pec Faculty of Health Sciences.


© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM