Mata Kuliah Teori Belajar (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

This course discusses the background of the emergence of learning and learning theory, learning theory and learning, descriptive and prescriptive theory, behavioristic theory, cognitive learning theory, constructivist theory, humanistic learning theory, cybernetics learning theory, sociocultural revolution learning theory, quantum learning, cooperative learning and collaborative learning, lesson study, problem-solving based learning and problem possing. Lectures are conducted using a case study analysis system, presentations and discussions, project assignments, and reflections / Mata kuliah ini membahas tentang latar belakang munculnya teori belajar dan pembelajaran, teori dan pembelajaran pembelajaran, teori deskriptif dan preskriptif, teori behavioristik, teori pembelajaran kognitif, teori konstruktivis, teori pembelajaran humanistik, teori pembelajaran sibernetika, teori pembelajaran revolusi sosiokultural, teori pembelajaran kuantum, pembelajaran kooperatif dan pembelajaran kolaboratif, lesson study, pembelajaran berbasis pemecahan masalah dan penguasaan masalah. Pendidikan dilakukan dengan menerapkan pendekatan kolaboratif. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis studi kasus, presentasi dan diskusi, tugas proyek, dan refleksi.

Capaian Mata Kuliah :
  • We are utilizing learning resources and ICT-assisted learning media to support the implementation of office administration learning by applying specific learning theories/Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran akuntansi dengan menerapkan teori belajar tertentu.
  • Mastering learning theories and being able to apply them in learning/ Menguasai teori-teori belajar dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran akuntansi.
  • Make decisions about relevant learning theories to solve certain learning cases in the class/Membuat keputusan tentang teori belajar yang relevan untuk menyelesaikan kasus pembelajaran tertentu dikelas.
  • Have a responsible attitude by using knowledge according to relevant learning theories/ Memiliki sikap bertanggungjawab dengan menerapkan pembelajaran sesuai teori belajar yang relevan.

Sumber Rujukan :
  • Hergenhahn, B. R. & Olson, MatthewH. 2012.Theoriesof Learnig (Teori Belajar). Edisi Ketujuh.Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2. Santrock, J. W. 2008.Educational Psychology. Third Edition. Boston: McGraw-Hill.
  • Slavin, R. E. 2011.Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi Kesembilan Jilid
  • Jakarta:PT Indeks.
  • Slavin,R. E. 2011.Psikologi Pendidikan Teoridan Praktik. Edisi Kesembilan Jilid2. Jakarta:PT Indeks.
  • Woolfolk, A. 2010.Educational Psychology, Global Edition. Eleventh Edition.NewJersey: Pearson Education.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM