Mata Kuliah Kajian dan Pengembangan Kurikulum Aud1 (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini mengkaji pengembangan kurikulum PAUD (kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka), mencakup : hakikat kurikulum PAUD dan karakteristiknya: pengertian, komponen dan struktur kurikulum, pengembangan kurikulum Anak Usia Dini, mencakup pengertian, prinsip-prinsip, pendekatan, model-model, dan langkah-langkah pengembangan kurikulum, perencanaan kurikulum PAUD (mencakup analisis kebutuhan dan SWOT), KKNI, implementasi kurikulum PAUD, meliputi pengorganisasian tema, perencanaan pembelajaran; serta evaluasi kurikulum PAUD melalui studi kasus Kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka

Capaian Mata Kuliah :
Aspek sikap:
  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan professional.
Aspek pengetahuan:
  1. Mengkaji berbagai model kurikulum pendidikan anak usia dini untuk mendorong berpikir kritis dalam mengevaluasi berbagai faktor dan perkembangan teknologi yang mempengaruhi pengembangan berbagai model kurikulum PAUD dengan menggunakan interdisiplin dan multidisiplin.
  2. Mengkaji riset bidang PAUD untuk pengembangan pendidikan yang inovatif dengan memanfaatkan perkembangan teknologi . 3
  3. Mengevaluasi program PAUD berbasis pendekatan multibudaya Indonesia dengan memanfaatkan berbagai teknologi.
Aspek Keterampilan Umum:
  1. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
  2. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  3. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
Keterampilan Khusus:
  1. Merancang kurikulum PAUD sesuai dengan kebutuhan, karakteristik dan tahapan perkembangan anak usia dini serta kebutuhan dan kekhasan lembaga PAUD yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi .
  2. Mengembangkan program PAUD yang berbasis pendekatan multibudaya Indonesia dengan mengacu pada perkembangan teknologi.
  3. Memecahkan masalah dan isu kritis anak usia dini melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
Sumber Rujukan :
  1. Marjorie J. Kostelnik, Anne K. Soderman, Alice Phipps Whiren. 2017. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak (Depelopmentally Appropriate Practices) Terjemahan Edisi ke-5. Jakarta: Kencana.
  2. Wortham, S. C. 2010. Early childhood curriculum: Developmental bases for learning and teaching (5th ed.). Upper Saddle River NJ: Prentice Hall.
  3. Hendrick, J. 2010. Total learning; Developmental curriculum for the young child. (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill. C. Brady, Laurie. 1992. Curriculum Development. New York : Prentice Hall.
  4. D. Oliva, Peter F. 1992. Developing The Curriculum. New York : Harper Collins Publishers.
  5. E. Mohammad Ansyar. 1989. Dasar Dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta : Dirjen Dikti PPLPTK.
  6. Armstrong, T. 2009. Multiple intelligences in the classroom. (3rd ed.). Alexandria,VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
  7. Puckett, M. B., Black, J. K., Whittmer, D. S., & Petersen, S. H. 2008. The young child: Development from pre[1]birth through age eight. (5th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
  8. Berk, L. E., & Winsler, A. 1995. Scaffolding children’s learning: Vygotsky and early childhood education. Washington, DC: National Association for the Education of Young Children.
  9. Hughes, F. P. (2009). Children, play, and development. (4th ed.). Boston: Sage Publications Inc.
  10. Puckett, M. B., & Black, J. K. 2007. Meaningful assessments of the young child: Celebrating development and learning. (3rd ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
  11. Bredekamp, S., & Copple, C. 2010. Developmentally appropriate practice in early childhood programs serving children from birth through age 8. (3rd ed.). Washington, DC: National Association for the Education of Young Children.
  12. Slamet Suyanto. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  13. Head Start Bureau, U.S. Department of Health and Human Services. 2004, March. Establishing a Research Agenda for American Indian and Alaska Native Head Start Programs. Washington, DC: ORC Macro. Retrieved January 5, 2006.
  14. Dodge, Diane Trister. 2002. The Creative Curriculum For Preschool -4th ed. Washington D.C.:Teaching Strategies.inc.
  15. Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. 2022. Penyusunan Kurikulum Operasional Pada Satuan Paud Berbasis Kurikulum Merdeka. Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 2 (2), 87-92.
  16. Widayanti, M., Komalasari, D., & Fitri, R. 2023. Pelatihan penyusunan kegiatan pembelajaran berbasis literasi sebagai implementasi kurikulum merdeka pada guru paud di kecamatan prigen. Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 3 (1), 14-18.


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM