Mata Kuliah Pengembangan Sosial dan Emosi (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Matakuliah ini membahas tentang aspek-aspek yang berpengaruh dalam perkem-bangan emosi dan sosial yang terjadi pada tahap perkembangan anak. Ia juga membahas beberapa persoalan yang mungkin muncul dalam tahap perkembangan ini serta bagaimana mengatasinya. Pokok kajian meliputi teori-teori perkembangan sosial emosi, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan, berbagai masalah sosial dan emosi kontemporer dalam perkembangan anak dan evaluasi perkembangan sosial emosi. Lebih khusus, matakuliah ini membahas kehidupan emosi anak dan juga bagaimana mereka berinteraksi dan membentuk jalinan relasi dengan orang lain.
Capaian Mata Kuliah :
Sikap
  • Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Mampu menginternalisasi nilai norma dan etika akademik.
Pengetahuan/Keilmuan
  • Mampu menjelaskan teori-teori klasikal dan terkini tentang perkembangan sosial dan emosi anak.
  • Mampu memetakan berbagai persoalan sosial dan emosi anak.
  • Mampu mengidentifikasi pengaruh pengalaman pada perkembangan sosial dan emosi anak.
  • Mampu menerapkan teori-teori perkembangan untuk menganalisis berbagai persoalan perkembangan sosio-emosi anak.
Keterampilan Umum
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktek plagiarisme.
  • Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
Keterampilan Khusus
  • Mampu memperoleh informasi dari data dan melakukan analisis data secara bertanggungjawab.
Sumber Rujukan :
  1. Dachlan, A. M., Erfansyah, N. F., & Taseman. (2019). Perkembangan sosial emosional anak-anak usia dini . Yogyakarta: Deepublish.
  2. Mashar, R. (2019). Emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya . Jakarta: Gramedia.
  3. Ndari, S. S., Vinayastri, A., & Masykuroh, K. (2018). Metode perkembangan sosial dan emosi anak usia dini. Tasikmalaya: Edu Publihser.
  4. Palintan, T. A. (2020). Membangun kecerdasan emosi dan sosial anak sejak usia dini . Bogor: Lindan Bestari.
  5. Smith, P. K., & Hart, C. H. (Eds.). (2011). The Wiley-Blackwell handbook of childhood social development (2nd ed.). Malden: Blackwell Publishing.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM