Mata Kuliah Dasar Kependidikan (2 SKS)
Mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi, membandingkan, menelaah, dan merumuskan hakikat perkembangan manusia; hakikat, landasan, dan asas pendidikan; komponen, aliran, teori, dan pendekatan pendidikan; sejarah dan permasalahan pendidikan di Indonesia; pendidikan inklusif dan ekslus, perkembangan peserta didik dalam pendidikan; pendidikan multibudaya dan multietnis.
Pertemuan 1:
Mengidentifikasi hakikat perkembangan manusia melalui pendidikan
Pertemuan 2:
Membandingkan dan menelaah hakikat, landasan, dan asas pendidikan (1).
Pertemuan 3:
Membandingkan dan menelaah hakikat, landasan, dan asas pendidikan (2).
Pertemuan 4:
Membandingkan dan menelaah hakikat, landasan, dan asas pendidikan (3).
Pertemuan 5:
Merumuskan komponen pendidikan sebagai sebuah system pendidikan
Pertemuan 6:
Membandingkan dan menelaah aliran, teori, dan pendekatan era klasik dan tradisional
Pertemuan 7:
Membandingkan dan menelaah aliran, teori, dan pendekatan era modern dan masa depan
Pertemuan 8:
Ujian Tengah Semester
Pertemuan 9:
Menelaah sejarah pendidikan Indonesia dari zaman purba sampai masa kini
Pertemuan 10:
Mengidentifikasi dan merumuskan penyelesaian problematika pendidikan Indonesia
Pertemuan 11:
Mendiskusikan psikologi perkembangan anak dalam pendidikan
Pertemuan 12:
Memformulasikan dasar pendidikan kebahasaan bagi tumbuh kembang anak
Pertemuan 13:
Memformulasikan dasar pendidikan kesastraan bagi tumbuh kembang anak
Pertemuan 14:
Menelaah teknologi pendidikan kebahasaan dan kesastraan
Pertemuan 15:
Mempresentasikan pendidikan inklusi, ekslusi, multibudaya, dan multietnis dalam pendidikan kebahasaan dan kesastraan
Pertemuan 16:
Refleksi akhir dan tindak lanjut tentang dasar pendidikan dalam kebahasaan dan kesastraan
- Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2010. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Dididik) . Jakarta : PT Bumi Aksara.
- Arends, Richardl. 2001. Clasrom Instructional Management . Jakarta: Kencana
- Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta
- Doni Koesoema A. 2007. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT. Grasindo.
- Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Toto Rahardjo, dkk. 2005. Pendidikan Popular; Membangun kesadaran Kritis. Yogyakarta: InsistPress.
- Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif . Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM