Mata Kuliah Dasar Kependidikan (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi, membandingkan, menelaah, dan merumuskan hakikat perkembangan manusia; hakikat, landasan, dan asas pendidikan; komponen, aliran, teori, dan pendekatan pendidikan; sejarah dan permasalahan pendidikan di Indonesia; pendidikan inklusif dan ekslus, perkembangan peserta didik dalam pendidikan; pendidikan multibudaya dan multietnis.

Capaian Mata Kuliah :

Pertemuan 1:

Mengidentifikasi hakikat perkembangan manusia melalui pendidikan

Pertemuan 2:

Membandingkan dan menelaah hakikat, landasan, dan asas pendidikan (1).

Pertemuan 3:

Membandingkan dan menelaah hakikat, landasan, dan asas pendidikan (2).

Pertemuan 4:

Membandingkan dan menelaah hakikat, landasan, dan asas pendidikan (3).

Pertemuan 5:

Merumuskan komponen pendidikan sebagai sebuah system pendidikan

Pertemuan 6:

Membandingkan dan menelaah aliran, teori, dan pendekatan era klasik dan tradisional

Pertemuan 7:

Membandingkan dan menelaah aliran, teori, dan pendekatan era modern dan masa depan

Pertemuan 8:

Ujian Tengah Semester

Pertemuan 9:

Menelaah sejarah pendidikan Indonesia dari zaman purba sampai masa kini

Pertemuan 10:

Mengidentifikasi dan merumuskan penyelesaian problematika pendidikan Indonesia

Pertemuan 11:

Mendiskusikan psikologi perkembangan anak dalam pendidikan

Pertemuan 12:

Memformulasikan dasar pendidikan kebahasaan bagi tumbuh kembang anak

Pertemuan 13:

Memformulasikan dasar pendidikan kesastraan bagi tumbuh kembang anak

Pertemuan 14:

Menelaah teknologi pendidikan kebahasaan dan kesastraan

Pertemuan 15:

Mempresentasikan pendidikan inklusi, ekslusi, multibudaya, dan multietnis dalam pendidikan kebahasaan dan kesastraan

Pertemuan 16:

Refleksi akhir dan tindak lanjut tentang dasar pendidikan dalam kebahasaan dan kesastraan

Sumber Rujukan :
  1. Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2010. Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Dididik) . Jakarta : PT Bumi Aksara.
  2. Arends, Richardl. 2001. Clasrom Instructional Management . Jakarta: Kencana
  3. Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta
  4. Doni Koesoema A. 2007. Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT. Grasindo.
  5. Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Toto Rahardjo, dkk. 2005. Pendidikan Popular; Membangun kesadaran Kritis. Yogyakarta: InsistPress.
  7. Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif . Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM