Mata Kuliah Literasi Dalam Pendidikan (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Dalam mata kuliah ini dikaji berbagai hal tentang literasi dan praktik yang menyertainya mulai dari refleksi kemampuan literasi, pembahasan mengenai literasi multimodal, literasi sebagai praktik sosial, kajian literasi baru, literasi multimodal, pembelajaran literasi, literasi lokal dan global, multiliterasi, literasu dan identitas, serta implikasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Kurikulum Nasional.

Capaian Mata Kuliah :

· Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu pengembangan berliterasi

· Menguasai konsep pengembangan literasi sebagai praktik sosial dan literasi dalam pembelajaran

· Mengambil keputusan strategis dalam merancang penelitian literasi sesuai dengan prosedur dan kode etik yang berlaku

· Bertanggung jawab dan menunjukkan kepemilikan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan literasi dalam pendiidkan

Sumber Rujukan :
  • Pahl, K & Rowsell, J. 2010. Literacy in Education . London: Routledge
  • Street, B & Leftstein, A. 2000. Literacy: An Advanced Sourcebook. London: Routledge.
  • Dewayani, S. & Retnaningdyah, P. 2017 . Suara dari Marjin: Literasi sebagai Praktik Sosial . Bandung: Rosda.
  • Laksono, Kisyani & Retnaningdyah, P. 2017. Strategi Literasi dalam Pembelajaran. Jakarta: kKmendikbud.
  • Barton, D. & Hamilton, M. 2000. Situated Literacies . London: Routledge.
  • Wiedarti, Pangesti & Laksono, Kisyani. 2018. Desain Induk GLS. Jakarta: Kemndikbud.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM