Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mampu menguasai berbagai metode penelitian pendidikan bahasa dan sastra dan mampu mengaplikasikannya untuk penulisan proposal dan penelitian pendidikan bahasa dan sastra melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan sebuah artikel/proposal penelitian.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah dan pengomunikasian gagasan kaitannya dengan penelitian pendidikan bahasa dan sastra
  2. Menguasai konsep/teori tentang pengertian, ciri, problem dan jenis penelitian pendidikan bahasa dan sastra:
  3. Mengambil keputusan strategis dalam menggunakan jenis penelitian pendidikan bahasa dan sastra secara tepat
  4. Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, proposal penelitian pendidikan bahasa dan sastra, dan tes yang terkait dengan penelitian pendidikan bahasa dan sastra.
Sumber Rujukan :
  • Litoselliti, Lia (Ed.). 2010. Reserach Methods in Linguistics. London: Continuum.
  • Laksono, Kisyani dan Agusniar. 2008. Dialektologi. Surabaya.
  • Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2019. Peta Bahasa di Indonesia. Jakarta.
  • Sudaryanto. 2016. Metode Linguistik. Yogyakarta.
  • Laksono, Kisyani dan Tatag YES. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya.
  • Baayen, R. H. (2008). Analyzing linguistic data. Cambridge: Cambridge University Press.
  • Johnson, Keith. (2008) . Quantitative methods in linguistics. Malden: Blackwell.
  • Roger, Sapsford dan Jupp, Victor. (2006) . Data collection and analysis. London: Sage.
  • Hall, Geoff. (2005). literature in language education . Wales Swansea: Palgrave Macmillan.
  • Roger, Sapsford dan Jupp, Victor. (2006). D ata collection and analysis . London: Sage.
  • Van Peer, Willie. (2008). The quality of literature . Amsterdam: John Benjamins

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM