Mata Kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Mampu menguasai berbagai metode penelitian pendidikan bahasa dan sastra dan mampu mengaplikasikannya untuk penulisan proposal dan penelitian pendidikan bahasa dan sastra melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan sebuah artikel/proposal penelitian.
Capaian Mata Kuliah :
- Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah dan pengomunikasian gagasan kaitannya dengan penelitian pendidikan bahasa dan sastra
- Menguasai konsep/teori tentang pengertian, ciri, problem dan jenis penelitian pendidikan bahasa dan sastra:
- Mengambil keputusan strategis dalam menggunakan jenis penelitian pendidikan bahasa dan sastra secara tepat
- Bertanggung jawab terhadap penyelesaian tugas, proposal penelitian pendidikan bahasa dan sastra, dan tes yang terkait dengan penelitian pendidikan bahasa dan sastra.
Sumber Rujukan :
- Litoselliti, Lia (Ed.). 2010. Reserach Methods in Linguistics. London: Continuum.
- Laksono, Kisyani dan Agusniar. 2008. Dialektologi. Surabaya.
- Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2019. Peta Bahasa di Indonesia. Jakarta.
- Sudaryanto. 2016. Metode Linguistik. Yogyakarta.
- Laksono, Kisyani dan Tatag YES. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya.
- Baayen, R. H. (2008). Analyzing linguistic data. Cambridge: Cambridge University Press.
- Johnson, Keith. (2008) . Quantitative methods in linguistics. Malden: Blackwell.
- Roger, Sapsford dan Jupp, Victor. (2006) . Data collection and analysis. London: Sage.
- Hall, Geoff. (2005). literature in language education . Wales Swansea: Palgrave Macmillan.
- Roger, Sapsford dan Jupp, Victor. (2006). D ata collection and analysis . London: Sage.
- Van Peer, Willie. (2008). The quality of literature . Amsterdam: John Benjamins
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM