Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa-Sastra Mutakhir (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :


Mata kuliah ini membahas landasan pembelajaran bahasa dan sastra mutakhir (abad 21) dengan memanfaatkan konsep atau pun aspek-aspek teknis serta teori kebahasaan dan teknologi, konsep pengembangan kurikulum serta komponen-komponen kurikulum tentang kebahasaan dan sastra, serta teori pembelajaran Bahasa dan sastra terkini yang meliputi: autonomous learning dan professional development melalui kegiatan diskusi, pelatihan, presentasi, simulasi, atau pun belajar mandiri untuk menghasilkan rangkuman materi, dan makalah. Selain itu mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa mengembangkan penelitian dan menuliskan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah yang dipresentasikan dalam forum diskusi/seminar atau pun dipublikasikan dalam jurnal nasional dan internasional yang terindeks. Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menerapkan pembelajaran Bahasa dan sastra yang terkini/mutakhir secara bertanggung jawab, cerdas, dan peduli dengan permasalahan pembelajaran Bahasa dan sastra disekelilingnya

Capaian Mata Kuliah :
Memanfaatkan ipteks dan keterampilan pembelajaran di abad 21 seperti critical thinking, communication, collaboration dan creativity sebagai alat bantu pada proses pembelajaran bahasa dan sastra 2) Menguasai landasan pembelajaran bahasa dan sastra dan perkembangan tentang kurikulum, metodologi pembelajaran, pengembangan materi & media pembelajaran serta asesmen pembelajaran Bahasa dan sastra melalui kegiatan mereview references yang tersedia 3) Menerapkan teori kebahasaan dan teori pembelajaran bahasa dan sastra, konsep dan strategi literasi, serta konsep ‘atonomous learning’ dan penilaiannya dalam pembelajaran Bahasa dan sastra 4) Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas yang terkait dengan penerapan landasan pembelajaran bahasa, pengembangkan riset dalam pembelajaran Bahasa dan sastra dan profesi sebagai pendidik
Sumber Rujukan :

1. Renandya, W. A., & Widodo, H. P. (Eds.). 2016. English language teaching today: Linking theory and practice (Vol. 5). London: Springer.

2. Hall, G. (Ed.). 2016. The Routledge handbook of English language teaching . New York: Routledge.

3. Cummins, J., & Davison, C. (Eds.). 2007. International handbook of English language teaching (Vol. 15). London: Springer Science & Business Media.

4. Brown, H. D., & Lee, H. 2015. Teaching by Principles . Melbourne: Pearson Ed Australia.

5. Larsen-Freeman, Diane & Anderson, M. 2011. Techniques and Principles in Language Teaching (Third Edition) . Oxford: Oxford University Press.

6. Field, K. 2004. Issues in modern foreign languages teaching . London: Routledge.

7. Kachru, B., Kachru, Y., & Nelson, C. (Eds.). 2009. The handbook of world Englishes (Vol. 48). London: John Wiley & Sons.

8. Nunan, David. 2010. Teaching English to Young Learners . Anaheim: Anaheim University Press

9. Alsagoff, L., McKay, S. L., Hu, G., & Renandya, W. A. (Eds.). 2012. Principles and practices for teaching English as an international language . New York: Routledge.


© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM