Mata Kuliah Sastra Dalam Pembelajaran Bahasa (3 SKS)
Menguasai aspek-aspek perencanaan pembelajaran dengan memanfaatkan konsep desain pembelajaran, evaluasi pembelajaran, SBM, media, serta kurikulum dan manajemen kelas melalui kegiatan pertemuan kelas, pelatihan, dan simulasi guna menghasilkan model pembelajaran sastra yang inovatif, untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas dan pameran/gelar karya jurusan.
- · Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu penyelesaian masalah sastra dalam pembelajaran bahasa
- · Menguasai konsep teoretis pembelajaran sastra (pendekatan, metode, teknik, strategi, model pembelajaran)
- · Mengambil keputusan strategis dalam menerapkan teori, konsep, dan pendekatan sastra dalam pembelajaran bahasa
- · Bertanggung jawab dan menunjukkan kepemilikan karakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas, kuis, dan tes yang terkait dengan teori, konsep, dan pendekatan sastra dalam pembelajaran bahasa
1. Arend, Richard. 2001. Learning to Teach . New York: McGraw-Hill
2. Azies Furqanul dan A. Chaedar Alwasilah. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif: Teori dan Praktik . Bandung: Remaja Rosdakarya
3. Beach, Richard W. dan Marshal. 1991. Teaching Literature in Secondary School . New York: Harcourt Brace Javanovick
4. Hamidah, Siti Cholisotul. 2003. Perangkat Pembelajaran . Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama
5. Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru . Bandung: Remaja Rosdakarya.
6. Uno, Hamzah B. 2011. Perencanaan Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara.
7. Depdiknas. 2005. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus . Jaakarta: Dir PLP, Dirjen PDM, Depdiknas
8. Jhonson Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning . California: Corwin Press
9. Depdiknas. 2005. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian . Jakarta
10. Harsiati, Titik. 2003. Penilaian Berbasis Kelas dalam Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia . Jakarta: Depdiknas.
11. Nurgiantoro, Burhan. 1988. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia . Yogyakarta: BPFE
12. O’Mallay, J. Michael dan Lorraine Valdes Pierce. 1996. Authentic Assesment for English Language Learners: Practical Approaches for Teacher . Addison Wesley Publiishing Company.
13. Rahmanto, B. 1996. Metode Pengajaran Sastra . Yogyakarta: Kanisius.
14. Suryabrata, Sumiadi. 1987. Pengembangan Tes Hasil Belaja r. Jakarta: Rajawali Press.
15. Sudjana, Nana. 1998. Media Pengajaran . Bandung: Sinar Baru.
16. Sumadi. 2003. Pengembangan Bahan dan Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia . Jakarta: Depdiknas.
17. Suyatno. 2004. Teknik Pengajaran Bahasa . Surabaya: SI
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM