Mata Kuliah Chukyu Hanashikata OYO (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah berbicara bahasa Jepang yang berkaitan dengan kemampuan bahasa Jepang lainnya yaitu Hyoki (menulis kanji), Chokai (menyimak), Dokkai Sakubun (membaca menulis) pada level kemampuan menengah. Pembelajaran menekankan pada tujuan secara persepsi, yakni menekankan pada pemahaman pengetahuan tentang kaidah-kaidah kebahasaan. Mahasiswa berlatih secara individu dan kelompok untuk melafalkan kata-kata, frase, kalimat-kalimat pendek maupun kalimat panjang (kompleks) dan dialog-dialog sesuai dengan suprasegmental bahasa Jepang level menengah yang disimak melalui rekaman, pemutaran video. Pembelajaran dilakukan melalui diskusi kelompok, presentasi dan tanya jawab bahasa Jepang, serta metode projek based learning (PJBL). Evaluasi pembelajaran dilakukan dalam bentuk tes lisan, penugasan percakapan, presentasi kelompok (dialog), dan penugasan kinerja berbasis projek dalam kegiatan perkuliahan.
Capaian Mata Kuliah :
  1. Memanfaatkan sumber belajar berupa rekaman audio, pemutaran video untuk melatih kemampuan menirukan/menyusun percakapan pendek, berbicara dalam bahasa Jepang level menengah baik secara dialog maupun monolog dalam sebuah presentasi sesuai dengan pola kalimat, kaidah berkomunikasi secara verbal maupun non-verbal melalui tema yang bervariasi.
  2. Menguasai pengetahuan tentang kaidah kebahasaan (tata bahasa) dan konsep berkomunikasi (segmental maupun supra segmental) dari tema yang diberikan.
  3. Mengambil keputusan dalam mengaplikasikan kata, kalimat, informasi yang penting serta tema percakapan dari materi yang telah diperdengarkan dan diperlihatkan, serta mengaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran berbasis proyek.
  4. Memiliki sikap tanggung jawab dalam pengambilan informasi yang penting dan menjawab pertanyaan yang benar dalam bahasa Jepang dalam pelaksanaan tugas pembelajaran yang diberikan baik secara formatif maupun penugasan kinerja (PJBL).
Sumber Rujukan :
  1. Noboru Oyanagi. 2017. New Approach Japanese Intermediate I. Japan: Gobunkenkyusha
  2. Noboru Oyanagi. 2017. New Approach Japanese Intermediate I - kyoukasho listening. Japan: Gobunkenkyusha
  3. Satoru Koyama. 2007. J-Bridge to Intermediate Japanese. Tokyo: Bojinsha
  4. Satoru Koyama. 2007. J-Bridge to Intermediate Japanese - kyoukasho listening. Tokyo: Bojinsha
  5. Makino Asako. 1998. Minna no Nihongo Chukyuu I. Tokyo : 3A Corporation
  6. Makino Asako. 1998. Minna no Nihongo Chukyuu I Hyoujun Mondaishuu. Tokyo : 3A Corporation
  7. Makino Asako. 1998. Minna no Nihongo Chukyuu I Oshieru Tebiki. Tokyo : 3A Corporation
  8. etc

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM