Mata Kuliah Shokyu Hyoki (3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Pembentukan dan pengembangan kompetensi mahasiswa di bidang keterampilan menulis huruf Jepang, antara lain huruf Hiragana, Katakana dan Kanji, serta penggunaan karakter-karakter yang digunakan dalam bahasa Jepang modern. Mata kuliah ini tidak hanya membekali mahasiswa dengan kemampuan membaca dan menulis huruf saja, tetapi juga pembekalan keterampilan baca tulis menggunakan huruf Kana dan Kanji (termasuk Jukugo Kanji) sampai pada level kalimat. Pembekalan pengetahuan mengenai strategi menguasai huruf Kanji serta aplikasi dari huruf dan Jukugo dalam kalimat bahasa Jepang sehingga mahasiswa mengetahui perbedaan penggunaan beberapa huruf sesuai dengan kebutuhannya juga diberikan dalam perkuliahan ini. Mata kuliah ini dilakukan dengan pendekatan komunikatif, kolaboratif dengan metode demonstrasi, ceramah, drill, latihan dan pemberian tugas individu maupun kelompok.
Pembentukan dan pengembangan kompetensi mahasiswa di bidang keterampilan menulis huruf Jepang, antara lain huruf Hiragana, Katakana dan Kanji, serta penggunaan karakter-karakter yang digunakan dalam bahasa Jepang modern. Mata kuliah ini tidak hanya membekali mahasiswa dengan kemampuan membaca dan menulis huruf saja, tetapi juga pembekalan keterampilan baca tulis menggunakan huruf Kana dan Kanji (termasuk Jukugo Kanji) sampai pada level kalimat. Pembekalan pengetahuan mengenai strategi menguasai huruf Kanji serta aplikasi dari huruf dan Jukugo dalam kalimat bahasa Jepang sehingga mahasiswa mengetahui perbedaan penggunaan beberapa huruf sesuai dengan kebutuhannya juga diberikan dalam perkuliahan ini. Mata kuliah ini dilakukan dengan pendekatan komunikatif, kolaboratif dengan metode demonstrasi, ceramah, drill, latihan dan pemberian tugas individu maupun kelompok.
Capaian Mata Kuliah :
- Memanfaatkan sumber belajar TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran inovatif berbasis pembelajaran kontekstual untuk mencapai kompetensi mengidentifikasi, membaca, menulis dan menggunakan huruf Jepang dengan benar
- Memiliki penguasaan akan keterampilan membaca dan menulis kanji secara integratif pada tingkat dasar sebagai penunjang profesi guru bahasa Jepang
- Membuat keputusan dalam menentukan huruf Kanji dan Jukugo Kanji dengan benar sesuai dengan makna kata yang diwakilinya, serta menentukan strategi penguasaannya
- Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan strategi penguasaan huruf Jepang yang sesuai dengan gaya belajar, dan menggunakannya dengan benar sesuai kaidah bahasa Jepang yang baku.
Sumber Rujukan :
- Makino, Akiko dkk. 1998. Minna no Nihongo Shokyuu I dan II. Tokyo: 3A Corporation
- Kokusai Koryuu Kikin. 1978. Nihongo Kanji Nyuumon. Tokyo: Bonjinsha.
- Todo, Akiyasu, dkk. 1955. Kanji Hakase Jilid I dan II. Japan: Tokyo.
- Shinya, Makiko. 2002.Minna no Nihongo Shokyu I -Kanji. Tokyo: 3A
- Tim Penyusun. 2004.Hitori de Manaberu Hiragana Katakana. Tokyo: 3A
- Kida, Mari. 2011.Moji - Goi Wo Oshieru. Tokyo: The Japan Foundation
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM