Mata Kuliah Teori Belajar (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Kajian tentang pembahasan tentang pelaksanaan pembelajaran bahasa Jepang yang kontekstual, berbagai pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik, beragam pendekatan, metode, media pembelajaran bahasa Jepang yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan diajarkan, model pembelajaran bahasa Jepang yang berorientasi pada siswa dan karakteristik siswa. Masalah-masalah yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Jepang, refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan dan hasil belajar dengan mengacu pada kompetensi yang dapat dicapai dalam pembelajaran untuk perbaikan mutu pembelajaran bahasa Jepang dan kerkaitan fungsional antara substansi ilmu bahasa Jepang dengan pembelajaran.

Capaian Mata Kuliah :

1. Menguasai serta memahami pembelajaran bahasa Jepang yang kontekstual, berbagai pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik, beragam pendekatan, metode, media pembelajaran bahasa Jepang yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan diajarkan, model pembelajaran bahasa Jepang yang berorientasi pada siswa dan karakteristik siswa. Masalah-masalah yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Jepang, refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan dan hasil belajar dengan mengacu pada kompetensi yang dapat dicapai dalam pembelajaran untuk perbaikan mutu pembelajaran bahasa Jepang dan kerkaitan fungsional antara substansi ilmu bahasa Jepang dengan pembelajaran untuk mencapai kompetensi siswa.

2. Memiliki pengetahuan serta pemahaman tentang pembelajaran bahasa Jepang yang kontekstual, berbagai pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik, beragam pendekatan, metode, media pembelajaran bahasa Jepang yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan diajarkan, model pembelajaran bahasa Jepang yang berorientasi pada siswa dan karakteristik siswa. Masalah-masalah yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Jepang, refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan dan hasil belajar dengan mengacu pada kompetensi yang dapat dicapai dalam pembelajaran untuk perbaikan mutu pembelajaran bahasa Jepang dan kerkaitan fungsional antara substansi ilmu bahasa Jepang dengan pembelajaran yang termasuk dalam nihongo gakushu sutorateji.

3. Mampu menentukan strategi pembelajaran dalam menyapaikan materi pembelajaran bahasa Jepang yang kontekstual, berbagai pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik, beragam pendekatan, metode, media pembelajaran bahasa Jepang yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan diajarkan, model pembelajaran bahasa Jepang yang berorientasi pada siswa dan karakteristik siswa. Masalah-masalah yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Jepang, refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan dan hasil belajar dengan mengacu pada kompetensi yang dapat dicapai dalam pembelajaran untuk perbaikan mutu pembelajaran bahasa Jepang dan kerkaitan fungsional antara substansi ilmu bahasa Jepang dengan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi, karakteristik materi, serta karakteristik siswa.

4. Mampu bertenggung jawab dengan menerapkan strategi pembelajaran dalam menyapaikan materi pembelajaran bahasa Jepang yang kontekstual, berbagai pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik, beragam pendekatan, metode, media pembelajaran bahasa Jepang yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan diajarkan, model pembelajaran bahasa Jepang yang berorientasi pada siswa dan karakteristik siswa. Masalah-masalah yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Jepang, refleksi terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan dan hasil belajar dengan mengacu pada kompetensi yang dapat dicapai dalam pembelajaran untuk perbaikan mutu pembelajaran bahasa Jepang dan kerkaitan fungsional antara substansi ilmu bahasa Jepang dengan pembelajaran yang telah dirancangnya.

Sumber Rujukan :

1. Kosasih, 2014. Stra tegi Belajar dan Pembelajaran implementasi Kurikulum 2013 .Bandung: Yrama Widya

2. Arsyad Azhar. 2005. Media Pembelajaran . Jakarta: Raya Grasindo Persada

3. Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Rineka Cipta

4. Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual & Penerapannya dalam KBK . Malang : Universitas Negeri Malang

5. Jonson, Elaine B. 2007. Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna . Bandung : MLC

6. Joyce, Bruce dkk. 2009. Models of Teaching . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

7. Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan . Jakarta: Prenada.

8. Yamin, Martinis dan Maisah. 2009. Manajemen Pembelajaran Kelas . Jakarta: Gaung Persada Press


© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM