Mata Kuliah Perancangan Penelitian Pendidikan Biologi (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini mengkaji pengertian dan ruang lingkup dari penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, dan penelitian pengembangan serta pembuatan proposal. Kajian disertai dengan teori dan aplikasi terkait dengan proses penelitian, masalah penelitian, landasan teoritis, hipotesis, sampel dan sampling, variabel penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data dan analisis data menggunakan berbagai program analisis data berbasis software, disertai dengan review artikel penelitian kualitatif, kuantitatif, pengembangan. Matakuliah ini disajikan secara teori termasuk contoh desain penelitian inovatif berbasis kearifan lokal/bioecopreneur dan penugasan, terutama menghasilkan produk yang berupa proposal penelitian.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mampu menguasai pengetahuan tentang hakikat, tujuan, dan jenis-jenis penelitian yang relevan dengan penelitian pendidikan biologi dengan memanfaatkan TIK untuk mencari informasi terkait penelitian pendidikan biologi
  2. Mampu menyusun ide penelitian pendidikan biologi dalam bentuk proposal penelitian
  3. Mampu menelaah informasi dari artikel maupun penelitian relevan sebagai bahan kajian dalam implementasi penelitian pendidikan biologi
  4. Mampu menganalisis masalah dalam pembelajaran biologi di kelas dan membuat keputusan untuk merancang penelitian sebagai solusi penyelesaian masalah
  5. Mampu menunjukkan sikap tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas tentang penyusunan proposal penelitian pendidikan biologi
Sumber Rujukan :
  1. Creswell, J.W. 2015. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif Edisi Kelima. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
  3. Prain, V., Hand, B. 2019. Theorizing the Future of Science Education Research. Springer.
  4. Tang, K.S., Danielsson, K. (ed.) 2018. Global Developments in Literacy Research for Science Education. Springer International Publishing.
  5. Tuckman B.W., Harper, B.E. 2012. Conducting Educational Research. Sixth Edition. New York: Harcourt Bace Javanovich, Inc.
  6. Artikel yang relevan dari jurnal yang bereputasi

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM