Mata Kuliah Teori Belajar Lanjut (2 SKS)
Mata kuliah Teori belajar lanjut kelompok Mata Kuliah Keahlian yang wajib diambil mahasiswa S2 Pendidikan Fisika dengan bobot 2 SKS. Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai berbagai teori belajar (teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, teori konektivisme, serta pemotivasian siswa untuk belajar), konsep, dan metode dalam psikologi pembelajaran yang relevan dengan konteks pembelajaran fisika. Dengan fokus pada pengembangan pemahaman teoritis dan penerapannya dalam konteks pendidikan fisika, mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan landasan yang kuat untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran yang efektif dalam bidang fisika. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan pemahaman yang komprehensif tentang teori-teori pembelajaran lanjut dan mampu mengintegrasikannya dalam praktik pembelajaran fisika yang inovatif dan efektif.
- Mampu berpikir kritis dan kreatif untuk mendukung pembelajaran Fisika dengan menerapkan teori belajar tertentu.
- Menguasai teori-teori belajar dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran Fisika.
Mampu menganalisis contoh kasus pembelajaran Fisika di kelas dan menyelesaikan kasus berdasarkan teori belajar yang relevan.
4. Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas tentang teori belajar yang relevan dengan pembelajaran Fisika
- Susantini, E., dkk. Improving Learning Process in Genetics Classroom by Using Metacognitve Strategy. Asia Pacific Education Review, 19 (3), 2018.
- Susantini, E., dkk. Designing Easy DNA Extraction: Teaching Creativity through Laboratory Practice. Biochemistry and Molecular Biology Education Biochemistry and Molecular Biology Education, 45 (3), 2017.
- Hergenhahn, B. R. & Olson, Matthew H. 2012. Theories of Learning (Teori Belajar). Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Santrock, J. W. 2008. Educational Psychology. Third Edition. Boston: McGraw-Hill.
- Slavin, R. E. 2009. Educational Psychology Theory and Prctice. Eight Edition. Boston: Pearson.
- Schunk, Dale. H., 2012. Learning Theories An Educational Perspective. Sixth Edition. Boston: Allyn & Bacon.
- Woolfolk, A. 2010. Educational Psychology, Global Edition. Eleventh Edition. New Jersey: Pearson Education..
- Artikel yang relevan dari jurnal yang bereputasi.
- Erman, 2021,Edukasi Masyarakat tentang Manfaat Memakai Masker Kain untuk Penanganan Covid 19, dalam Laporan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM