Mata Kuliah Evaluasi Belajar dan Pembelajaran (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :


Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan penilaian dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas termasuk workshop pengembangan instrumen penilaian. Pelaksanaan penilaian, pengolaan data hasil penilaian serta teknik dan macam-macam bentuk penilaian autentik. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi


Capaian Mata Kuliah :



1. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan perencanaan evaluasi dalam pembelajaran geografi yang beroroentasi pada standar penilaian dengan memanfaatkan sumber belajar dan TIK.


2. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang teori evaluasi pembelajaran dan karakteristik siswa untuk menyusun instrumen penilaian dalam proses pembelajaran


3. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang dan memilih model evaluasi pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa


4. Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalam mengembangkan penilaian hasil belajar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan khususnya standar penilaian.


Sumber Rujukan :


Gronlund, N.E. 1980. Construction Achievement Test. New Jersey: Prentice Hall Inc


Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya


Nitko, Anthony J. 1983. Educatioan, Test and Measurement. London. Hcourt


Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo (Rajawali Press)



© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM