Mata Kuliah KKN Kewirausahaan Perancangan Program (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini merupakan kegiatan mahasiswa yang meliputi: penentuan tujuan observasi, metode observasi, teknik pencatatan observasi, dan pelaksanaan observasi lapangan untuk mendapatkan data konkret dalam program proyek kemanusiaan, misalnya: (a) mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai praktik mitigasi bencana, (b) mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mendeteksi penyakit social dan melakukan sosialisasi dampak dan bahayanya, (c) mempromosikan perubahan dan pengembangan social, kohesi social, pemberdayaan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam rangka pelayanan sosial, (d) mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan keberpihakan pada yang lemah, (e) mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kepekaan terhadap masalah social yang dihadapi perempuan, dll.

Capaian Mata Kuliah :
  • Mampu mer ancang p rogram proyek kemanusiaan dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan asas legalitas, kejelasan tujuan dan hasil; kemitraan, kesetaraan, dan kebersamaan; kepentingan nasional dan daerah; saling menghargai dan menguntungkan; menjunjung asas musyawarah untuk mufakat dalam setiap pengambilan keputusan; terencana; dapat dipertanggungjawabkan; dan berbasis indikator kinerja efektif dan efisien.

  • Menguasai konsep teoretis secara umum dan khusus dalam m erancang p rogram proyek kemanusiaan dengan mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam merancang program proyek kemanusiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Mampu m erancang p rogram proyek kemanusiaan dan mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
Sumber Rujukan :

§ Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

§ Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka . Surabaya: Unesa

§ -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

§ -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan . Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas

§ Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

§ Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM