Mata Kuliah KKN Proyek Indpenden Perancangan Program (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pada matakuliah ini, mahasiswa mampu melaksanakan kegiatan pengembangan rancangan proyek yang dibutuhkan baik yang telah dirintis maupun baru yang dilaksanakan di daerah bukan lokasi KKN yang ditetapkan Unesa dalam program proyek independen, misalnya (a) mengembangkan bantuan belajar untuk anak-anak berkebutuhan khusus, (b) mengembangkan proyek usaha ekonomi untuk anak di terminal/stasiun, (c) mengembangkan proyek edukasi kesehatan untuk lingkungan komunitas pemulung/anak jalanan, dll.

Capaian Mata Kuliah :

1. Mampu mer ancang p rogram proyek independen dan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan asas legalitas, kejelasan tujuan dan hasil; kemitraan, kesetaraan, dan kebersamaan; kepentingan nasional dan daerah; saling menghargai dan menguntungkan; menjunjung asas musyawarah untuk mufakat dalam setiap pengambilan keputusan; terencana; dapat dipertanggungjawabkan; dan berbasis indikator kinerja efektif dan efisien.

2. Menguasai konsep teoretis secara umum dan khusus dalam m erancang p rogram proyek independen dengan mendalam serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

3. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam m erancang p rogram proyek independen yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

4. Mampu m erancang p rogram proyek independen dan mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

Sumber Rujukan :

§ Junaidi, Aris dkk. 2020. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

§ Tim Unesa. 2020. Pedoman pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka . Surabaya: Unesa

§ -----. 2020. Panduan Penyelenggaraaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka . Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

§ -----, 2017. Panduan Penyelenggaraan Kampung Literasi . Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas

§ ------, 2017. Konsep Dasar Pendidikan Non-Formal (PKBM dan LKP), Jakarta.

§ -----. 2017. Petunjuk Teknis Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan . Jakarta: Ditjen PAUD dan Dikmas

§ Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

§ Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 212 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM