Mata Kuliah KKN Proyek Kemanusiaan Pengembangan Laporan (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini merupakan penerapan kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan laporan proyek kemanusiaan yang baik sesuai dengan jenis proyek yang dilakukan, yang terdiri atas pendahuluan, kajian pustaka, tujuan dan manfaat poyek, metode/teknik/rancangan proyek, hasil dan pelaksanaan proyek, simpulan dan saran, daftar rujukan, dan lampiran proyek, serta meringkas laporan proyek secara tepat.

Capaian Mata Kuliah :

CPMK-S9

Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab, teliti, dan objektif dalam mengembangkan laporan proyek secara mandiri, serta mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (sikap).

CPMK-P1

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam mengembangkan laporan proyek sesuai dengan rencana yang dibuatnya secara tepat, teliti, dan jelas (pengetahuan).

CPMK-KU3

Mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam mengembangkan laporan proyek, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi secara mandiri ; (ket umum)

CPMK-KK3

Mampu mengembangkan laporan proyek secara tepat, teliti, dan jelas sebagai bentuk pertanggungjawaban atas rancangan penelitian yang telah dibuat. (ket khusus)

Sumber Rujukan :

1. Slamet, Margono R. 1985. Mahasiswa dalam Membangun: Materi Pembekalan KKN. Lampung: Universitas Lampung.

2. Tim Unesa. 1999. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Unesa 2000. Surabaya: Unesa University Press.

3. Tim LPPM Unesa. 2020. Buku Panduan KKN Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: LPPM Unesa.

4. Tim Unesa. 2020. Pedoman dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya..

Pendukung :

5. Lexy J. Moleong, M.A. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

6. John W Creswell. 2014. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah Achmad Fawaid. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

7. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.



© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM