Mata Kuliah Kurikulum Sekolah (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

: Pengkajian penguasaan konsep kurikulum dengan melakukan analisis berupa komponen, prinsip, pengembangan kurikulum, konsep dasar pendidikan geografi, kedudukan geografi dalam kurikulum, dan kurikulum ideal bagi pendidikan geografi di SMA. Model pembelajaran dengan problem based learning dengan penugasan secara individual.

Capaian Mata Kuliah :
    1. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menguasai konsep Perkembangan kurikulum di Indonesia dan komponen perubahan kurikulum serta dampaknya bagi pembelajaran Geografi di sekolah.
    2. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menganalisis karakteristik dan perbedaan mendasardari Kurikulum 1994, Kurikulum 2004/KBK, KTSP, K13 serta implementasinya terhadap proses pembelajaran Geografi di sekolah.
    3. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) ke dalam indikator dan tujuan pembelajaran geografi di sekolah.
    4. Mahasiswa memiliki sikap bertanggungjawab dalam mengimplementasikan kurikulum kedalam pembelajaran Geografi sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku di sekolah.

Sumber Rujukan :
  1. Blewitt, J &, Cullngford, C. 2014. The Sustainability Curriculum, Facing the Challenge in Higher Education . London: Earthscan
  2. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Jakarta. 2017. Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah (SM A /M A ) Mata Pelajaran Geografi . Jakarta: Kemendikbud
  3. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Jakarta. 2017. Buku Guru Geografi . Jakarta: Kemendikbud
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016. Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah . Jakarta: Kemendikbud
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah . Jakarta: Kemendikbud
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Geografi Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016. Standar Penilaian Pendidikan . Jakarta: Kemendikbud
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016. Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah . Jakarta: Kemendikbud
  8. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Jakarta, 2016. Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah (S MA/ MA) . Mata Pelajaran Geografi

  • 9. Sutmaadmadja , N, 2005. MetodologiPengajaran Geografi . Jakarta: BumiAksara

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM