Mata Kuliah Pendidikan Agama (Mkwu) (2 SKS)
Mata kuliah Pendidikan Agama Islam ini memberikan bekal terbentuknya kepribadian mahasiswa secara utuh (kaffah)dengan menjadikan ajaran Islam sebagai landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku dalam pengembangan keilmuan dan profesinya. Artinya kepribadian yang utuh hanya dapat diwujudkan apabila pada diri setiap mahasiswa tertanam iman dan takwa kepada Allah Swt. Keimanan dan ketakwaan, hanya akan terwujud apabila ditopang dengan pengembangan elemen-elemennya, yakni: wawasan/pengetahuan tentang Islam (Islamic knowledge ), sikap keberagamaan (religion dispositions/attitude) , keterampilan menjalankan ajaran Islam (Islamic skills), komitmen terhadap Islam (Islamic committment), kepercayaan diri sebagai seorang muslim (moslem confidence), dan kecakapan dalam melaksanakan ajaran agama (Islamic competence). Dalam konstelasi psiko-sosial, baik sebagai pribadi, anggota keluarga, anggota masyarakat, maupun sebagai warga negara Indonesia, mata kuliah ini menjunjung tinggi nilai- nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan,musyawarah, dan keadilan dalam bingkai Pancasila dan NKRI. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi, ceramah, presentasi kelompok, dan kerja proyek dengan melakukan wawancara, observasi dan penyusunan laporan.
1. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan mengembangkan konsep dasar ajaran Islam yang terintegrasi dengan disiplin ilmu Pendidikan Anak usia Dini dengan memanfaakan sumber belajar dan TIK.
2. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang hakikat manusia dan kehidupan serta aplikasinya dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sesuai sumber ajaran Islam.
3. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menunjukkan kinerja yang baik dalam mengimplementasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari yang ditunjukkan melalui asessment penilaian diri dan portofolio.
4. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk mewujudkan sikap yang baik dan membangun budaya spiritualitas sebagai determinan/faktor utama dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.
Alquran dan Terjemahannya, 2014. Jakarta : Kementerian Agama Republik Indonesia.
Tim Penulis Kemendikbud, 2014. Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Achmad Sauqi. 2010. Meraih Kedamaian Hidup; Kisah Spiritualitas Orang Modern . Yogyakarta: Sukses Offset.
Juhaya S. Praja. 2002. Filsafat dan Metodologi Ilmu dalam Islam dan Penerpannya di Indonesia . Jakarta: Teraju.
Kuntowijoyo. 1990. Paradigma Islam. Bandung: Mizan
Maman. 2012 . Pola Berpikir Sains Membangkitkan kembali Tradisi Keilmuan Islam. Bogor: QMM Publishin
Munawar Rahmat. 2010. Pendidikan Insan Kamil Berbasis Sufisme Syaththariah . Bandung: ADPISI Press
Mustaqim, Abdul. 2012. Epistemologi Tafsir Kontemporer. Yogyakarta: LKIS.
Nurcholis Madjid. 2008. Islam Kemoderenan dan Keindonesiaan. Bandung: PT Mizan Pustaka.
----------------------. 2008 . Islam Agama Peradaban . Jakarta: Paramadina
Sukidi. 2002. Kecerdasan Spiritual. Jakarta: Gramedia.
Syahidin. 2005. Pemberdayaan Umat Berbasis Masjid. Bandung: CV Alfabeta
Tim Dosen PAI-Unesa, 2010. Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum. Surabaya : Unesa University Press.
Tim Dosen PAI-Unesa. 2002, Islam Rahmatan Lil ‘Alamin. (2002) , Surabaya : Unesa University Press.
Toshihiko, Izutsu, 2003. Konsep-konsep Etika Religius dalam Al-Quran.( Penerjemah AE Priyono dkk.). Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Zakiah Daradjat, 2000. Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta : Depag RI.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM