Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Paud (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini mengkaji tentang strategi pembelajaran, metode pembelajaran dan keterampilan mengajar yang dibutuhkan dalam pembelajaran di PAUD dengan pembelajaran yang memanfaatkan IPTEKS dalam proses perkuliahan yakni pembelajaran dengan tatap muka dan vi-learning. Dalam proses pembelajaran mahasiswa diajarkan untuk mampu menyelesaikan masalah yang muncul dengan sikap tanggung jawab, kerjasama, mandiri, dan memiliki sikap jujur serta dalam praktik diajarkan untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan lembaga PAUD. Strategi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan diskusi, ceramah, inquiri, peer teaching , penugasan, CTL, dan saintifik.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mahasiswa mampu memecahkan masalah dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan proses pembelajaran menggunakan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sesuai nilai humaniora dalam bidang keahliannya.
  2. Mahasiswa mampu menguasai pengelolaan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini (PAUD)
  3. Mahasiswa mampu menunjukkan kemauan, kemandirian, sifat pantang menyerah dan tanggung jawab dalam pengambilan keputusan yang tepat dalam pembelajaran.
  4. Mahasiswa mampu mendesain dan melaksanakan inovasi pembelajaran di bidang PAUD
Sumber Rujukan :
  • Yamin, Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran . Jakarta: GP Press Group.
  • Gunarti, Winda, dkk. 2017. Metode Pengembangan Perilaku Dan Kemampuan Dasar. Tangerang : Universitas Terbuka.
  • Maulidiyah, Eka Cahya. 2017. Pedoman Microteaching PAUD. Tulungagung: IAIN Tulungagung Press.
  • Santrock, John W. 2011.Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba
  • Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini . Jakarta: Indeks
  • Morrison, George S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Indeks: Jakarta
  • Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2012. Proses Belajar Mengajar . Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Kemdikbud. 2015. Pedoman Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Sukirman, Dadang. 2012. Pembelajaran Micro Teaching. Jakarta: Kementerian Agama.
  • TIM Penyusun. 2011. Panduan Pengajaran Mikro. Yogyakarta: UNY.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM