Mata Kuliah Filsafat Pendidikan IPS (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini mempelajari tentang aspek filosofis ilmu-ilmu sosial sebagai sumber belajar IPS (ontologi, epistimologi, dan aksiologi ilmu-ilmu sosial); aspek filosofis pendidikan sebagai dasar-dasar pedagogik IPS (essensialisme, perenialisme, pragmatisme, dan rekonstruksionisme); pemikiran-pemikiran filosofis IPS (Hegel, Karl Marx, Madzab Frankfurd, Hokkaimer dan Hubermas, Rene De Cartes, Immanuel Kant, Martin Heidegger, dan Husserl) sebagai pendidikan membangun jatidiri manusia; pemikiran-pemikiran filosofis IPS (Paulo Freire, Antony Giddens, posmodernisme) sebagai pendidikan kritis; keterkaitan antara filosofi pendidikan IPS dengan paradigma pendidikan kritis, dan teori-teori belajar; serta menganalisis pemikiran jati diri intelektual (Edward Said).
Mata kuliah ini mempelajari tentang aspek filosofis ilmu-ilmu sosial sebagai sumber belajar IPS (ontologi, epistimologi, dan aksiologi ilmu-ilmu sosial); aspek filosofis pendidikan sebagai dasar-dasar pedagogik IPS (essensialisme, perenialisme, pragmatisme, dan rekonstruksionisme); pemikiran-pemikiran filosofis IPS (Hegel, Karl Marx, Madzab Frankfurd, Hokkaimer dan Hubermas, Rene De Cartes, Immanuel Kant, Martin Heidegger, dan Husserl) sebagai pendidikan membangun jatidiri manusia; pemikiran-pemikiran filosofis IPS (Paulo Freire, Antony Giddens, posmodernisme) sebagai pendidikan kritis; keterkaitan antara filosofi pendidikan IPS dengan paradigma pendidikan kritis, dan teori-teori belajar; serta menganalisis pemikiran jati diri intelektual (Edward Said).
Capaian Mata Kuliah :
Mampu memanfaatkan IT untuk menelusur konsep dasar filsafat pendidikan IPS dan mampu menyusun penyelesaian masalah pendidikan berlandaskan filsafat.
- Menguasai dan mendalami tentang konsep filosofis ilmu-ilmu sosial sebagai sumber belajar IPS (ontologi, epistimologi, dan aksiologi ilmu-ilmu sosial); aspek filosofis pendidikan sebagai dasar-dasar pedagogik IPS (essensialisme, perenialisme, pragmatisme, dan rekonstruksionisme);
pemikiran-pemikiran filosofis IPS (Hegel, Karl Marx, Madzab Frankfurd, Hokkaimer dan Hubermas, Rene De Cartes, Immanuel Kant, Martin Heidegger, dan Husserl) sebagai pendidikan membangun jatidiri manusia; pemikiran-pemikiran filosofis IPS (Paulo Freire, Antony Giddens, posmodernisme) sebagai pendidikan kritis; keterkaitan antara filosofi pendidikan IPS dengan paradigma pendidikan kritis, dan teori-teori belajar; serta menganalisis pemikiran jati diri intelektual (Edward Said) - Membuat keputusan tentang pentingnya penelaahan fenomena pendidikan berdasarkan pemikiran filsafati.
- Bertanggungjawab terhadap implementasi dan implikasi filsafat pendidikan IPS pada mahasiswa untuk mendukung tugas profesional sebagai sarjana Pendidikan IPS
Sumber Rujukan :
- Daldjoeni, N. 1992. Dasar-dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Alumni
- Freire, Paulo. 2012. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES
- Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta
- ODonnell, Kevin. 2009. Posmodernisme. Yogyakarta: Kanisius
- Sadulloh, Uyoh. 2012. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta
- Said, Edward W. 2014. Peran Intelektual. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM