Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran (2 SKS)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas perencanaann pembelajaran IPS dengan melakukan perencanaan program tahunan (PROTA) dan program semester (PROMES) yang menggunakan kalender pendidikan yang berlaku pada tahun pelajaran berjalan; membuat perencanaan dalam pelaksanaan pembelajaran IPS (RPP) yang berorientasi pada cara belajar siswa aktif dengan pendekatan saintifik yang relevan dengan tuntutan kurikulum 2013 tuntutan belajar abad 21; mengembangkan bahan ajar dalam pembelajaran IPS, dalam bentuk modul/diktat/handout yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS yang mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna; mengembangkan lembar kerja siswa dalam bentuk worksheet, jobsheet , petunjuk praktikum dalam pembelajaran IPS yang berorientasi pada keaktifan/kegiatan siswa; mengembangkan lembar penilaian dalam pembelajaran IPS yang mengukur ketercapaian kompetensi belajar dengan menggunakan pendekatan project base learning dengan metode inkuiri, diskusi, tanya jawab, penugasan. Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio.
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memanfaatkan IT untuk mengumpulkan berbagai informasi yang mendukung pengembangan bahan ajar, media pembelajaran dalam mata kuliah Pengembangan Perangkat Pembalajaran.
- Mahasiswa memiliki pengetahuan komponen-komponen dalam pengembangan perangkat pembelajaran.
- Mahasiswa memiliki kemampuan untuk merancang dan mendesain pembelajaran IPS yang berorientasi pada siswa dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna.
- Mahasiswa memiliki rasa tanggung jawab dan bertindak cerdas dalam mengembangkan perangkat pembelajaran IPS untuk mencapai kompetensi belajar IPS siswa SMP
- 1. Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
- Gersmehl, Phil, 2008. , Teaching Geography, second edition , The Guilford Press, New York .
- Kemendikbud, 2016. , Permendikbud Nomor 20 tentang Kurikulum Geografi SMA, Jakarta, Kemendikbud .
- ___________, 2016. , Permendikbud Nomor 22 tentang Standar Proses Pembelajaran di SMA, Jakarta, Kemendibud .
- ___________, 2016. , Permendikbud Nomor 23 tentang Standar Penilaian dan Penulisan laporan Hasil Belajar, Jakarta, Kemendikbud .
- ___________, 2016. ,Lampiran 01 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar MAPEL di SMA/SMK/MA Permendikbud Nomor 59, Jakarta, Kemendikbud .
- ___________, 2016. , Lampiran 02 tentang Silabus MAPEL di SMA/SMK/MA Permendikbud Nomor 21, Jakarta, Kemendikbud .
- ___________, 2016. , Lampiran 03 tentang Pedoman Mata Pelajaran Geografi di SMA Permendikbud Nomor 21 Jakarta, Kemendibud .
- Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran . Bandung: Sinar Baru Algesindo
- Smaldino, Sharon, Deborah Lowther, James D. Russel, 2011. , Instructional Technology and Media For Learning, Edisi kesembilan , Kencana Prenada Media Group, Jakarta . 11
----------------, 2013. Modul PLPG Rayon 114 Unesa , University Press .
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM