Mata Kuliah Teori Belajar (2 SKS)
Mata kuliah ini memberikan kerangka pemahaman dasar bagi mahasiswa tentang hakikat belajar dan pembelajaran dengan berbagai unsur dinamis dan pendekatannya serta implikasinya di dalam kegiatan belajar dan pembelajaran IPS. Hasil belajar diterapkannya mata kuliah ini diharapkan akan terbentuk seorang calon guru Pendidikan IPS yang profesional dan unggul dengan mengacu pada kompetensi guru dan paham terhadap hakikat belajar dan pembelajaran di dalam proses belajar mengajar
1. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menguasai kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional berlandaskan pengetahuan dan pemahaman tentang hakikat belajar dan pembelajaran yang menyatu dengan penguasaan teknologi informasi.
2. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami dan menganalisis konsep belajar dan pembelajaran serta implementasinya terhadap proses pembelajaran IPS di sekolah.
3. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk memahami peranan guru terkait prinsip-prinsip belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dalam pembelajaran IPS.
4. Mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab dalam mengimplementasikan teori-teori belajar dan model-model pembelajaran yang faktual, aktual dan kontekstual dalam kaitannya dengan pendidikan IPS di Sekolah.
1. Slameto. 2013.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
2. Suprijono, A. 2009.Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
3. Suprijono, A. 2016. Model-model pembelajaran emansipatoris Yogyakarta: Pustaka Pelajar
4. Susanto, Ahmad. 2013.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
5. Suyono dan Hariyanto. 2014.Belajar dan Pembelajaran : Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
6. Warsono dan Hariyanto. 2013.Pembelajaran Aktif:Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM