Mata Kuliah Pembelajaran Motorik (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Pemahaman dan penguasaan pengetahuan tentang hakekat belajar motorik, fase perkembangan kemampuan motorik, cara melakukan diagnosa, koreksi dan terapi kesalahan gerakan dalam proses pembelajaran gerak dan prinsip-prinsip dalam mengajar keterampilan motorik olahraga. Proses tumbuh kembang kemampuan motorik anak berhubungan dengan proses tumbuh kembang kemampuan gerak anak. Pengembangan kemampuan motorik anak akan dapat terlihat secara jelas melalui berbagai gerakan dan permainan yang dapat mereka lakukan. Pengembangan fisik motorik anak saat bermain memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan aspek kognitif dan pertumbuhan aspek sosial emosional. serta tahapan perkembangan yang berhubungan dengan lingkungan dan kemandirian anak usia dini.
Capaian Mata Kuliah :
Mahasiswa mendesain rencana pembelajaran gerak yang berorientasi pada tahapan perkembangan motorik dan fisiologis tubuh.
Sumber Rujukan :
  1. Baharudin, Wahyuni, Esa Nur.2009. Teori Belajar dan Pembelajaran .Ar-Russ Media
  2. FOX, et al.1994. Physiology Exercise
  3. Kiram, Yanuar.1992 .Belajar Motorik .Depdikbud
  4. Lutan, Rusli.1988. Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode .P2LPTK Depdikbud
  5. Mahendra, Agus.2007. Teori Belajar Mengajar Motorik. Fakultas PendidIkan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  6. Rahyubi, Heri. 2012. Pembelajaran motorik. Deskripsi dan tinjauan kritis .Nusa Media

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM