Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pemahaman dan penguasaan sistem dan prinsip instruksional, model pengembangan instruksional, identifikasi kebutuhan instruksional, struktur kurikulum, menetapkan tujuan-tujuan pengajaran PJOK, mengidentifikasi dan menetapkan materi ajar serta menulis pokok bahasan dan sub-pokok bahasan, mengidentifikasi, menetapkan strategi instruksional, pengembangan silabus, pengembangan RPP/GBRP/SAP.

Capaian Mata Kuliah :

1. Kemampuan mengembangkan perencanaan pengajaran mata pelajaran PJOK di semua jenis dan jenjang pendidikan;

2. Kemampuan menyusun Silabus, RPP/GBRP/SAP mata pelajaran PJOK di semua jenis dan jenjang pendidikan;

3. Kemampuan memahami keberadaan, peran, dan fungsi PJOK pada kurikulum KTSP

4. Kemampuan memahami kedudukan, peran, dan fungsi PJOK pada kurikulum K-13

5. Kemampuan Merencanakan Kegiatan Pengajaran Penjasorkes di semua jenis dan jenjang pendidikan.;

6. Kemampuan menyusun kurikulum operasional matapelajaran PJOK untuk sekolah latih (dipilih sendiri oleh mahasiswa) dengan mempertimbangkan paling tidak visi dan misi sekolah, karakteritik peserta didik, potensi sekolah, sarana prasarana pendukung, dan harapan masyarakat.

Sumber Rujukan :


  1. Sriundy M, I Made. 2010. Pengantar Perencanaan Pengajaran: Aplikasi pada Penjasorkes . Surabaya: Unesa University Press.
  2. Ibrahim R., Nana Syaodih S.2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  3. Mulyasa, E.2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
  4. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005. 2008. Tentang Standar Nasional Pendidikan . Jakarta: Penerbit Asa Mandiri.
  5. Permendiknas RI Nomor 22 Tahun 2006. 2008. Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah . Jakarta: Penerbit Asa Mandiri.
  6. Permendiknas RI Nomor 23 Tahun 2006. 2008. Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Penerbit Asa Mandiri.
  7. Permendiknas RI Nomor 24 Tahun 2006. 2008. Tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor 22 dan 23 Tahun 2006 . Jakarta: Penerbit Asa Mandiri.
  8. Permendiknas RI Nomor 6 Tahun 2007. 2007. Perubahan Perubahan Permendiknas RI Nomor 22 dan 23 Tahun 2006. Jakarta: Penerbit Asa Mandiri.
  9. Soenarya E. .2000. Teori Perencanaan Pendidikan: Berdasarkan Pendekatan Sistem. Yogyakarta: Penerbit Adcita Karya Nusa.
  10. Suparman Atwi. 1991. Desain Instruksional. Jakarta: Proyek Pengembangan Pusat Antar Universitas/IUC (Bank Dunia XII) Dirjendikti.
  11. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003. 2008. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Penerbit Asa

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM