Mata Kuliah Evaluasi Belajar dan Pembelajaran (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Kajian tentang pengertian, tujuan, fungsi dan prinsip-prinsip evaluasi, taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, psikomotor, strategi evaluasi ( paper & pencil dan evaluasi alternatif), bentuk-bentuk instrumen evaluasi, rubrik, analisis dan interpretasi hasil evaluasi, evaluasi berbasis kelas, evaluasi untuk keterampilan proses sains dan sikap ilmiah (termasuk karakter).

Capaian Mata Kuliah :

1. Memanfaatkan beberapa sumber belajar dan TIK untuk mengembangkan evaluasi

2. Menunjukkan kemampuan berpikir kritis di dalam memilih evaluasi yang sesuai dengan indikator pembelajaran yang ingin dicapai (2)

3. Terampil mengelola berbagai bentuk evaluasi yang relevan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap para siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus (6)

4. Menunjukkan kemampuan menggunakan waktu dalam merancang Evaluasi (1)

5. Menguasai konsep dan prinsip-prinsip evaluasi, pengukuran, evaluasi dan mampu mengaplikasikannya dalam menilai proses dan hasil belajar.

6. Membuat instrumen untuk mengases proses dan hasil belajar domain afektif, kognitif, psikomotor yang adekuasi dengan indikator pembelajaran dan mampu menyusun rambu-rambu penilaian.

7. Memiliki sikap bertanggung jawab dengan mengembangkan tes sesuai dengan aspek yang diukur.

Sumber Rujukan :
  • 1 Tim. 2015. Buku Pegangan Mahasiswa: Evaluasi. Yogyakarta: Absolute Media.
  • 2. Arends, Richard I. (2004). Guide to Field Experiences ad Portofolio Development: to accompany ;learning to teach. New York: McGraw-Hill Book Company.
  • 3. Arikunto, Suharsimi / I. Jabar, Cepi Safruddin Abdul. 2008. Evaluasi program pendidikan: pedoman teoritis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan . Jakarta: BumiAksara.
  • 4. Brookhart, Susan M. 2010. How to assess higher-order thinking skills in your classroom. Alexandria: ASCD.
  • 5. George, David. 2005. Examination and evaluation in education . New Delhi: Commonwealth.
  • 6. Glencoe Series. Tanpa Tahun. Performance Assessment in The Science Classroom. New York: McGraw- Hill Company.
  • 7. I. Naik, S.P. 2004. Role of evaluation in education . New Delhi: Anmol Publications PVT.
  • 8. Johnson, David W. and Johnson, Robert T. 2002. Meaningful Assessment Manageable and Cooperative process. Boston: Allyn and Bacon.

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM