Mata Kuliah Teori Belajar (2 SKS)
Kajian tentang teori-teori belajar yang diawali dengan pengantar singkat psikologi perkembangan (kognitif), dilanjutkan dengan prinsip-prinsip dan penjelasan tentang cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktivisme, teori belajar neurosains, serta teori pemotivasian siswa untuk belajar; dan implikasinya dalam pembelajaran melalui analisis contoh-contoh kasus pembelajaran MIPA di kelas. Perkuliahan dilaksanakan secara teori dan penugasan.
Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbasis TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan teori belajar tertentu.
Menguasai teori-teori belajar didukung oleh pemahaman tentang teori perkembangan dan mampu mengaplikasikan teori-teori belajar dalam pembelajaran.
Membuat keputusan berdasarkan analisis contoh-contoh kasus pembelajaran di kelas dan memberikan ide-ide untuk memilih berbagai alternatif solusi.
Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaran sesuai teori belajar yang relevan.
Hergenhahn, B. R. & Olson, Matthew H. 2012. Theories of Learning (Teori Belajar). Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Santrock, J. W. 2008. Educational Psychology. Third Edition. Boston: McGraw-Hill
Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi Kesembilan Jilid 1 . Jakarta: PT Indeks.
Slavin, R.E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Edisi Kesembilan Jilid 2 . Jakarta: PT Indeks.
Woolfolk, A. 2010. Educational Psychology, Global Edition. Eleventh Edition. New Jersey: Pearson Education
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM