Mata Kuliah Inovasi Pendekatan Pembelajaran ABK (2 SKS)
Matakuliah ini mengkaji hakekat inovasi pendekatan pembelajaran bagi ABK , konsep pendekatan pembelajaran, implementasi inovasi pembelajaran bagi ABK di kelas khusus dan inklusi. Pembahasannya mencakup juga memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman, keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat inivasi pembelajaran, tujuan, fungsi, dan manfaat untuk memperoleh skill dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor ABK dalam mengikuti pembelajaran bagi ABK baik di kelas khusus maupun di kelas inklusi. Implementasi strategi, teknik penyampaian dan penilaian inovasi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus untuk merencanakan, mengaplikasikan, memodifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan menyelesaikan inovasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan inovasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran membaca, menulis, berhitung bagi anak berkebutuhan khusus.
Memanfaatkan ipteks sebagai media dan alat bantu penguasaan teori, konsep-konsep, dan hakekat inovasi pendekatan pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Menguasai hakikat pendekatan pembelajaran bagi ABK sebagai teori, konsep, prinsip, proses, strategi, teknik, dan metode pembelajaran bagi ABK untuk mengkaji fenomena implementasi pembelajaran secara objektif komprehensif dalam tulisan ilmiah yang dipresentasikan dalam diskusi kelas dan atau pertemuan ilmiah lain.
Mengambil keputusan strategis dalam menghadapi fenomena dan probematika penguasaan konsep inovasi pendekatan pembelajaran sesuai dengan dasar-dasar teoretis strategi pembelajaran berdiferensiasi bagi pembelajaran bagi ABK dalam mengaplikasikan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus.
Bertanggung jawab terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran bagi ABK yang inovatif, kreatif, dan profesional.
Arends, Richard I. 2012. Learning To Teach sixth Edition. New York: McGraw-Hill Book Company.
Vaughn, S., C.S.Bos & J.S. Schumn. (2000). Teaching exceptional, diverse, a nd st risk students in the general education classroom . Boston: Allyn Bacon.
Joyce, B., & Weil, M. (1996). Models of teaching (5th ed.). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Nash, Ron J. (2010). The active classroom field book: Success stories from the active classroom. USA: Corwin.
Westwood, P. (1993 ). Commonsense methods for children with special needs . London : Routledge.
Brooks, J.G. & Brooks, M. 1993. The case for consturctivist classrooms . Alexandria: ASCD
Gardner, H. 1993. Multiple intelligences: the teory in practice . New York: Basic Books
Slavin, R.E. 1991. Educational psychology . Third edition. New York: Allyn & Bacon
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM