Mata Kuliah Internship (4 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Melakukan praktek mengajar di sekolahan, analisis dan sintesis cuplikan karya inovasi pembelajaran; perencanaan pembelajaran konstruktif; perangkat pembelajaran konstruktif; penilaian otentik; teknik dan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar pendidikan dasar; indikator keberhasilan belajar pendidikan dasar; pelaksanaan pembelajaran. Memberikan kesempatan untuk keterlibatan seminar eksternal; program pembelajaran luar kelas; ; observasi dan survai cepat; dialog interaksi mahasiswa dengan sekolah SD mitra.
Melakukan praktek mengajar di sekolahan, analisis dan sintesis cuplikan karya inovasi pembelajaran; perencanaan pembelajaran konstruktif; perangkat pembelajaran konstruktif; penilaian otentik; teknik dan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar pendidikan dasar; indikator keberhasilan belajar pendidikan dasar; pelaksanaan pembelajaran. Memberikan kesempatan untuk keterlibatan seminar eksternal; program pembelajaran luar kelas; ; observasi dan survai cepat; dialog interaksi mahasiswa dengan sekolah SD mitra.
Capaian Mata Kuliah :
- Mampu menyelaraskan dan mengkolaborasi kurikulum dengan berbagai model pembelajaran pendidikan dasar
- Mampu berkreasi dan merepkan bahan ajar dalam pembelajaran pendidikan di kelas.
- Berkolaborasi dalam seminar ilmiah atau bentuk komunikasi ilmiah lainnya pada komunitas ilmiah.
- Mampu mengidentifikasi persoalan di institusi pendidikan dan merumuskan solusi perbaikannya.
- Mampu berkreasi dan merepkan bahan ajar dalam pembelajaran pendidikan dasar baik di dalam dan di luar kelas
- Mampu menyelaraskan sains informasi pendidikan dasar dengan suatu topik dalam jurnal, poster, atau media komunikasi ilmiah lainnya.
- Mampu berkreasi dan menerapkan konsep pendidikan dasar dengan usaha pemberdayaan sekolah dasar.
Sumber Rujukan :
- Robin Forgathy. (1991).How to Integrated the Curricula.Sidney: Open University
- Reed, A.J.S. dan Bergemann, V.E. (2001).A Guide to Observation, Participation, and Reflection in the Classroom. New York: McGraw-Hill
- Lucy Cheser and Clinton I. Chase. (1992).Developing and using test effectively.San Francisco: Yossey Bass Publisher
- Vera, Adelia, (2012). Metode Mengajar Anak Di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta, Diva Press
- Lembaga Pengembangan Manajemen Pendidikan. (1996).Model dan pedoman Peningkatan Partisipasi Masyarakat Untuk Pembangunan Pendidkan.Jakarta:LPPM
- Sudjana, S. HD., (2005).Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif dalam Pendidikan Non Formal.Bandung : Falah Production
- Abdulhak, I. (1995).Metodologi Pembelajaran dan Pendidikan Orang Dewasa.Bandung : Cipta Intelektual8) Jervis., P. (2004).Adult Education and Lifelong Learning, Theori and Practice, 3 edition. London and New York : Routletedge Falmer.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM