Mata Kuliah Internship (4 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Melakukan praktek mengajar di sekolahan, analisis dan sintesis cuplikan karya inovasi pembelajaran; perencanaan pembelajaran konstruktif; perangkat pembelajaran konstruktif; penilaian otentik; teknik dan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar pendidikan dasar; indikator keberhasilan belajar pendidikan dasar; pelaksanaan pembelajaran. Memberikan kesempatan untuk keterlibatan seminar eksternal; program pembelajaran luar kelas; ; observasi dan survai cepat; dialog interaksi mahasiswa dengan sekolah SD mitra.
Capaian Mata Kuliah :
  1. Mampu menyelaraskan dan mengkolaborasi kurikulum dengan berbagai model pembelajaran pendidikan dasar
  2. Mampu berkreasi dan merepkan bahan ajar dalam pembelajaran pendidikan di kelas.
  3. Berkolaborasi dalam seminar ilmiah atau bentuk komunikasi ilmiah lainnya pada komunitas ilmiah.
  4. Mampu mengidentifikasi persoalan di institusi pendidikan dan merumuskan solusi perbaikannya.
  5. Mampu berkreasi dan merepkan bahan ajar dalam pembelajaran pendidikan dasar baik di dalam dan di luar kelas
  6. Mampu menyelaraskan sains informasi pendidikan dasar dengan suatu topik dalam jurnal, poster, atau media komunikasi ilmiah lainnya.
  7. Mampu berkreasi dan menerapkan konsep pendidikan dasar dengan usaha pemberdayaan sekolah dasar.
Sumber Rujukan :
  1. Robin Forgathy. (1991).How to Integrated the Curricula.Sidney: Open University
  2. Reed, A.J.S. dan Bergemann, V.E. (2001).A Guide to Observation, Participation, and Reflection in the Classroom. New York: McGraw-Hill
  3. Lucy Cheser and Clinton I. Chase. (1992).Developing and using test effectively.San Francisco: Yossey Bass Publisher
  4. Vera, Adelia, (2012). Metode Mengajar Anak Di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta, Diva Press
  5. Lembaga Pengembangan Manajemen Pendidikan. (1996).Model dan pedoman Peningkatan Partisipasi Masyarakat Untuk Pembangunan Pendidkan.Jakarta:LPPM
  6. Sudjana, S. HD., (2005).Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif dalam Pendidikan Non Formal.Bandung : Falah Production
  7. Abdulhak, I. (1995).Metodologi Pembelajaran dan Pendidikan Orang Dewasa.Bandung : Cipta Intelektual8) Jervis., P. (2004).Adult Education and Lifelong Learning, Theori and Practice, 3 edition. London and New York : Routletedge Falmer.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM