Mata Kuliah Metedologi Penelitian Pendidikan Luar Biasa (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :


Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis tentang; (1) konsep dasar metodologi penelitian PLB (paradigma, konsep, preposisi,teori, metodologi, pendekatan, desain dan prosedur penelitian, identifikasi dan perumusan masalah penelitian, variabel penelitian, kajian teori, kerangka pikir, hipotesis penelitian, pertanyaan penelitian, populasi penelitian, sampel dan teknik sampling, subjek dan setting penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data), (2) Jenis penelitian yang relevan di PLB (Eksperimen, SSR, Expost Facto, PTK, Fenomenologi, etnografi pendidikan, dan analisis wacana/teks), (3) Penyusunan dan desiminasi pra proposal tesis beserta instrumen penelitian, (4) teknik penyusunan tesis dan teknik penulisan artikel ilmiah pada jurnal.



Capaian Mata Kuliah :


Memanfaatkan ipteks sebagai media dan alat bantu untuk penguasaan teori, konsep-konsep, dan hakekat metodologi penelitian pendidikan luar biasa

Menguasai hakikat metodologi penelitian pendidikan luar biasa sebagai teori, konsep, prinsip, proses, strategi, teknik, dan metode untuk mengkaji fenomena yang terjadi pada pendidikan ABK secara objektif komprehensif dalam tulisan ilmiah yang dipresentasikan dalam diskusi kelas dan atau pertemuan ilmiah lain.

Mengambil keputusan strategis dalam menghadapi fenomena dan probematika penguasaan konsep metodologi penelitian pendidikan luar biasa dalam menyusun proposal penelitian yang berkarakteristik PLB untuk menyiapkan ujian komprehensip.

Bertanggung jawab terhadap penyusunan proposal yang berbasis ABK untuk dipresentasikan dalam diskusi kelompok.



Sumber Rujukan :
  1. Creswell, J.W. 2009. Research Design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. California : SAGE Publications.
  2. Denzin, Norman K.; Lincoln, Yvonna S. (second edition). 2000. Hand Book of Qualitatif Research. Terjemah Daryatno dkk. 2009. Jakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Hopkins,David. 2008. A teacher’s guide to classroom research. New York: Mc Graw Hill
  4. Khotari,C.R. 2004. Research Methodology (Methods and Techniques). New Delhi: New Age International (P) Limited.
  5. McMillan, J.H., & Schumacher, S. (2010). Research in Education: Evidance-based Inquiry . New Jersey : Pearson Education.
  6. Neuman, W.L.2005. Social Research Methods Qualitative and Quantitatif Approaches.( 85). Printed in the USA.
  7. Sunanto, Juang; Koji Takeuchi; Hideo Nakata. 2005. Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Tsukuba: CRICED Universitas of Tsukuba.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM