Mata Kuliah Modifikasi Perilaku (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini membahas tentang modifikasi perilaku ABK meliputi kaitan modifikasi perilaku dengan anak berkebutuhan khusus dan Pendidikan Luar Biasa, hakikat modifikasi perilaku, pengertian perilaku dan prinsip dasar perilaku serta modifikasi perilaku, peningkatan dan pemeliharaan perilaku, pengurangan dan penghapusan perilaku, problema perilaku anak berkebutuhan khusus, metode, teknik, media digital dan non digital untuk pelaksanaan modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus (metode ABA: Applied Behavior Analysis , LEAP, Floor Time , TEACCH, metode Kaufman, teknik: modeling, token economic, assertivitas, relaksasi, dan lainnya sesuai era 4.0, dsb.), asesmen dan program berkaitan dengan modifikasi perilaku, evaluasi dalam modifikasi perilaku. Program (meliputi: perilaku ABK yang akan dikembangkan atau diatasi (target behavior), tujuan, media, bahan, alat, waktu, tempat, langkah-langkah, evaluasi, tindak lanjut), program manajemen perilaku bagi ABK (anak tunanetra, tunarungu wicara, tunagrahita, tunadaksa, autis, ADHD dan anak berkebutuhan khusus lainnya). Kegiatan perkuliahan dilaksanakan dengan model pembelajaran kooperatif, project based learning, problem based learning, kolaboratif, kontekstual.

Capaian Mata Kuliah :
  1. Menguasai secara mendalam konsep dasar, prinsip-prinsip, teori-teori yang berkaitan dengan modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus (ABK) dan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perilaku anak berkebutuhan khusus sesuai prosedur
  2. Mampu merencanakan, melaksanakan, memilih pendekatan; model; metode dan strategi pembelajaran, mengelola, mengevaluasi berkaitan dengan modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan perilaku ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus
  3. Mampu memanfaatkan IPTEKS dan TIK yang relevan untuk memperoleh informasi/referensi terkait modifikasi perilaku dan mengkomunikasikannya serta memanfaatkan hal tersebut dalam pelaksanaan modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus
  4. Mampu mengelola pelaksanaan modifikasi perilaku peserta didik berkebutuhan khusus dengan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pelaksanaan manajemen perilaku anak berkebutuhan khusus yang dilandasi oleh prinsip dasar berpikir kritis, nilai-nilai humanitarian dan hak asasi manusia serta berdasar analisis informasi, hasil asesmen dalam memberikan alternatif penyelesaian permasalahan anak berkebutuhan khusus melalui modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus
  5. Mampu berkomunikasi dan bekerjasama dalam tim untuk memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus, bertanggung jawab terhadap kinerja secara individual maupun kelompok, menunjukkan keterlibatan aktif dalam menjalankan tugas dan peran dalam pelaksanaan modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus

Sumber Rujukan :
  • Eelen, P. 2018. Behaviour Therapy and Behaviour Modification Background and Development. Psychologica Belgica , 58(1), pp. 184–195, DOI: https://doi.org/10.5334/pb.450.
  • Kurgat, A., Chebet, W. T., Rotich, J. K. 2015. Behavior Modification and Organizational Development: Revisiting The Theories of Learning. European Journal of Psychological Research , Vol. 2 No. 1 ISSN 2057-4794.
  • Martin, G & Pear, J.,J. 2014. Behavior Modification What It Is and How To Do It , Ninth Edition. New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.
  • Matson, J.,L. 2009. Applied Behavior Analysis for children with Autism Spectrum Disorders . Springer.
  • Purwanta, E. 2005. Modifikasi Perilaku . Jakarta : Dirjend Dikti Depdiknas.
  • Sharma, A., Malawade, M., Shrikhande, S. 2018. Effectiveness of Behaviour Modification Strategies in School Going Children for Specific Classroom Behaviour. Pediatrics & Therapeutics , Volume 8 • Issue 2, 1000347, DOI: 10.4172/2161-0665.1000347, ISSN: 2161-0665.
  • Sue, D., et al. 2006. Understanding Abnormal Behavior . Boston : Houghton Mifflin Company

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM