Mata Kuliah Pendidikan Anak Multikekhususan (2 SKS)
Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis tentang; konsep dasar pendidikan anak multikekhususan (paradigma, konsep, teori, pendekatan, teknik cara penanganannya), ciri-ciri, periode, aspek-aspek, faktor-faktor yang mempengaruhinya anak multikekhususan serta membuat keputusan dan memberikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan dalam pendidikan anak multikekhususan.
Memanfaatkan ipteks sebagai media dan alat bantu untuk penguasaan teori, konsep-konsep, dan hakekat pendidikan anak multikekhususan
Menguasai hakikat pendidikan anak multikekhususan sebagai teori, konsep, prinsip, proses, strategi, teknik, dan metode untuk mengkaji anak multikekhususan yang terjadi pada pendidikan ABK secara objektif komprehensif dalam tulisan ilmiah yang dipresentasikan dalam diskusi kelas dan atau pertemuan ilmiah lain.
Mengambil keputusan strategis dalam menghadapi probematika penguasaan konsep pendidikan anak multikekhususan dalam menyusun makalah yang dipresentasikan sebagai tugas individu.
Bertanggung jawab terhadap penyusunan makalah pendidikan anak multikekhususan untuk dipresentasikan dalam diskusi kelompok.
- Linda Wilmshurst and Alan W. Brue, (2008), parent’s guide to special educatio n : insider advice on how to navigatethe system and help your child succeed,
- Benner, S. (2003), Assessment of Young Children with Special Needs, A Content- Based Approach . Canada: Delmar Learnin
- Clarke, H. Harrison & David H. Clarke. (1978) , Developmental and Adapted Physical Education. USA: Prentice-Hall, Inc.
- Depdiknas. (2014). Program Pengembangan Kekhususam . Jakarta: Depdiknas.
- Friend, M., (2005), Special Education, Contemporary Perspectives for School Professionals , United States of America: Pearson Education Inc.
- Cohen, Matthew D. (2008), Understanding assessment in the special education process : A step-by-step guide for educators
- James M. Kauffman and Daniel P. Hallahan, (2011), Handbook of Special Education
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM