Mata Kuliah Pendidikan Inklusif dan Kebijakan Pendidikan (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah Mata kuliah ini menyajikan dan mendiskusikan konsep dasar, prinsipprinsip dan landasan penddikan inklusif, karakteristik, Identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus, pengembangan kurikulum, perangkat pembelajaran, sarana prasarana serta media, system pengelolaan kelas serta monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan inklusif.
Capaian Mata Kuliah :
Mampu menguasai konsep, teori, dan prinsip Pendidikan Inklusif untuk pengembangan ipteks yang menghasilkan karya inovatif dan teruji, pemecahkan permasalahan melalui pendekatan inter/multidisipliner, pengelolaan riset dan pengabdian kepada masyarakat, serta mendapat pengakuan nasional maupun internasional di bidang Pendidikan Luar Biasa
Sumber Rujukan :
- Budiyanto, Dkk. (2010). Modul pelatihan pendidikan inklusif. Jakarta: Kemendiknas.
- Budiyanto. (2011). Best practices inclusive education in japan, australia, india and thailand. Japan: Criced.
- Loreman, T et.all (TT). Inclusive education, a practical guide to supporting diversity in the classroom. Australia: Allen & Unwin.
- Smith, D.J. (TT). Inklusi sekolah ramah untuk semua. (alih bahasa Sugiarmin, M & Baihaqi, MIF). Bandung: Penerbit Nuansa.
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM