Mata Kuliah Pengembangan Diri ABK (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pengkajian dan pemahaman tentang pengertian, landasan, tujuan, aspek-aspek pengembangan diri anak berkebutuhan khusus (efikasi diri, harga diri, kepribadian, kognitif, sosio-emosi, psikososial, perilaku, moral, karakter, konsep diri, komunikasi, motivasi intrinsik, kemadirian, self regulated, problem solving, kreativitas, life skill, self care, activities of daily living dan pengembangan diri ABK lainnya) dan teori yang mendasari pengembangan diri ABK, kaitan multiple intelligences dengan pengembangan diri ABK, metode pengembangan diri ABK, asesmen dan program pengembangan diri ABK (meliputi: aspek yang akan dikembangkan, tujuan, media, bahan, alat, waktu, tempat, langkah-langkah, evaluasi, tindak lanjut), program khusus bagi ABK (anak tunanetra, tunarungu wicara, tunagrahita, tunadaksa, autis, dan anak berkebutuhan khusus lainnya), evaluasi program pengembangan diri anak berkebutuhan khusus, implementasi teori yang berkaitan dengan pengembangan diri ABK dalam praktek pembelajaran dan penelitian tentang ABK

Capaian Mata Kuliah :

Menguasai secara mendalam konsep dasar, prinsip-prinsip, teori-teori yang berkaitan dengan pengembangan diri anak berkebutuhan khusus (ABK) dan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengembangan diri anak berkebutuhan khusus sesuai prosedur

Mampu merencanakan, melaksanakan, memilih pendekatan; model; metode dan strategi pembelajaran, mengelola, mengevaluasi pengembangan diri anak berkebutuhan khusus untuk menyelesaikan permasalahan ABK, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ABK berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam pengembangan diri anak berkebutuhan khusus sesuai teori yang mendasari pengembangan diri anak berkebutuhan khusus

Mampu memanfaatkan IPTEKS dan TIK yang relevan untuk memperoleh informasi/referensi terkait pengembangan diri ABK dan mengkomunikasikannya serta memanfaatkan hal tersebut dalam pelaksanaan pengembangan diri anak berkebutuhan khusus dengan didasari teori yang relevan

Mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pengembangan diri anak berkebutuhan khusus yang dilandasi oleh teori, prinsip dasar berpikir kritis, nilai-nilai humanitarian dan hak asasi manusia serta berdasar analisis informasi, hasil asesmen dalam memberikan alternatif penyelesaian permasalahan anak berkebutuhan khusus dalam bentuk program pengembangan diri anak berkebutuhan khusus

Mampu berkomunikasi dan bekerjasama dalam tim untuk memecahkan permasalahan pengembangan diri anak berkebutuhan khusus, bertanggung jawab terhadap kinerja secara individual maupun kelompok, menunjukkan keterlibatan aktif dalam menjalankan tugas dan peran dalam proses pembelajaran yang berkaitan dengan pengembangan diri anak berkebutuhan khusus

Sumber Rujukan :

  • Alan Pritchard. 2009. Ways of L earning . New York: Routledge.
  • Bieler, R.B., et.al. 2012. Early Childhood Development and Disability . World Health Organization, ISBN 978 92 4 150406 5 NLM classification: WS 368), http://www.who.int/about/licensing/copyright_form/en/index.htm.
  • Malbogat, M. 2017. Special Educational Needs. Cambridge Assesment International Education , info@cambridgeinternational.org or visit www.cambridgeinternational.org/events.
  • Nucci, L., Krettenauer, T., Narvaez, D. 2014. Handbook of M oral and C haracter E ducation . New York: Routledge.
  • Preiss, D. D., Sternberg, R. J. 2010. Innovations in E ducational P sychology: P erspectives on L earning, T eaching, and H uman D evelopment . New York: Springer Publishing Company, LLC, ISBN 978-0-8261-2162-2, E-book ISBN: 978-0-8261-2163-9.
  • Slavin, R E. 2009. Educational Psychology : Theory and Practice , 9th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.
  • Switzky, H.N. 2006. Mental Retardation, Personality, and Motivational Systems. International Review of Research in Mental Retardation , Vol. 31, Elsevier Academic Press, www.books.elsevier.com, ISBN-13: 978-0-12-366231-6, ISBN-10: 0-12-366231-1.
  • Switzky, H.N. 2008. Personality and Motivational Differences in Persons with Mental Retardation. Taylor & Francis e-Library , ISBN 0-8058-2570-3, ISBN 1-4106-0169-2.
  • The United Nations Children’s Fund. 2007. Promoting the Rights of Children with Disabilities. Innocenti Digest , UNICEF, ISBN: 978-88-89129-60-9, ISSN: 1028-3528.



© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM