Mata Kuliah Evaluasi Program Pendidikan NON Formal (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mengkaji tentang konsep evaluasi, tujuan evaluasi, kriteria evaluasi, pendekatan evaluasi, dan unsur yang dievaluasi, model evaluasi, berisi tentang model-model evaluasi yang dapat dikembangkan. Metode evaluasi, berisi tentang metode evaluasi dalam PLS, hubungan metode evaluasi dan unsur evaluasi, dan penggunaan metode evaluasi. Teknik dan data evaluasi, mengkaji teknik-teknik evaluasi, dan data evaluasi. Pengolahan data dalam evaluasi program, berisi tentang pengolahan dan analisis data, penggunaan statistik dalam evaluasi, operasional variabel. Petunjuk teknis penyusunan laporan evaluasi, membahas tentang bagaimana sistematika laporan evaluasi, dan uraian bab-bab laporan evaluasi. melalui penjelasan, diskusi, presentasi dan penugasan.

Capaian Mata Kuliah :

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep, pengertian, tujuan, SPEM dan manfaat evaluasi sesuai dengan program PNFI dan memberikan kemampuan melakukan tehnik, pendekatan, metode dalam melakukan evaluasi terhadap PNFI agar dapat berperan sebagai pendidikan dan pengelola PNF dan pemberdayaan masyarakat

Sumber Rujukan :
  1. Skager, R dan Dave, RH. 1977. Curriculum Evaluation for Lifelong Education. New York: Perganon Press.
  2. Skager, R. 1979. Lifelong Education and Evaluation Practice. New York. Perganon Press.
  3. Sudjana, D. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Falah Production.
  4. Sudjana, D. 2004. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.
  5. Arikunto, S. 2014. Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta:


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM