Mata Kuliah Identifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep, teknik dan metode identifikasi kebutuhan dan sumber belajar bagi individu, lembaga dan masyarakat, serta pemanfaatannya untuk perencanaan program pendidikan non- formal yang ada di masyarakat melalui penjelasan, diskusi, penugasan dan praktikum.
Capaian Mata Kuliah :
  1. ASPEK AFEKTIF Mahasiswa Mampu Mengelola prosedur identifikasi dengan menggunakan teknik dan metode sesuai dengan karakteristik sasaran program
  2. ASPEK KOGNITIF Mahasiswa mampu mengaplikasikan teknik dan metode identifikasi kebutuhan dan sumber belajar serta memanfaatkan dalam perencanaan pengembangan program kegiatan pembelajaran
  3. ASPEK KETERAMPILAN Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebutuhan belajar dan sumber belajar yang ada di masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada serta pelibatan aktif masyarakat sasaran program.
Sumber Rujukan :
  1. I Ketut Atmaja dkk. 2020.Identifikasi kebutuhan dan sumber belajar pendidikan non formal dan informal.CV Beta Aksara
  2. Bradshaw, J. 1972. The concept of need. New Society, 30, 640-643.
  3. Kettner, Moroney, and Martin, L.L. 2008). Designing and managing programs: An effectiveness-based approach. Los Angeles, Sage.
  4. Maslow, A. 1954. Motivation and personality. New York: Harper & Row.
  5. Ponsioen, J. 1962. Social welfare policy: Contributions to theory. The Hague, the Netherlands: Mouton.
  6. Need Assessment And Holistic Planning http://www.ascd.org/ASCD/pdf/journals/ed_lead/el_198105_kaufman.pdf

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM