Mata Kuliah Metodologi Penelitian (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :


Mata kuliah ini membahas tentang; (1) konsep dasar metodologi penelitian (paradigma, konsep, preposisi,teori, metodologi, pendekatan, desain dan prosedur penelitian, identifikasi dan perumusan masalah penelitian, variabel penelitian, kajian teori, kerangka pikir, hipotesis penelitian, pertanyaan penelitian, populasi penelitian, sampel dan teknik sampling, subjek dan setting penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data), (2) Jenis penelitian yang relevan di PLB (Eksperimen, SSR, Expost Facto, PTK, Fenomenologi), (3) Penyusunan dan desiminasi pra proposal thesis beserta instrumen penelitian, (4) penyusunan thesis dan teknik penulisan artikel ilmiah pada jurnal, (5) Teknis submit artikel pada jurnal internasional


Capaian Mata Kuliah :

- Mampu memanfaatkan IT untuk menelaah konsep dasar metodologi penelitian pendidikan

- Menguasai teoritis tentang metodologi penelitian pendidikan luar biasa

- Membuat keputusan tentang pentingnya penguasaan metodologi penelitian pendidikan terkini

- Bertanggungjawab terhadap implementasi kinerja mahasiswa dalam kajian konsep dasar penelitian pendidikan untuk mendukung tugas profesionalnya sebagai penddik/ahli yang memiliki kompetensi pendidikan khusus

Sumber Rujukan :

Creswell, J.W. 2009. Research Design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. California : SAGE Publications.

Creswell,J. 2015. Educational Researhe, Planning, Conducting, and Evaluating, Quantitative and Qualitative. Boston: Pearson Education.

Denzin, Norman K.; Lincoln, Yvonna S. (second edition). 2000. Hand Book of Qualitatif Research. Terjemah Daryatno dkk. 2009. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Hopkins,David. 2008. A teacher 's guide to classroom research. New York: Mc GrawHill

Khotari,C.R. 2004. Research Methodology (Methods and Techniques). New Delhi: New Age International (P) Limited.

McMillan, J.H., & Schumacher, S. (2010). Research in Education: Evidance-based Inquiry . New Jersey : Pearson Education.

Neuman, W.L.2005. Social Research Methods Qualitative and Quantitatif Approaches.( 85). Printed in the USA.

Sunanto, Juang; Koji Takeuchi; Hideo Nakata. 2005. Pengantar Penelitian dengan Subjek Tunggal. Tsukuba: CRICED Universitas of Tsukuba

Arikunto,Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto,Suharsimi.2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Suprayogo,Imam & Tobroni.2004. Metodologi Penelitian Sosial Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sukmadinata, Nana Syaodih.2004. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wahyudi,Ari.2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Khusus. Surabaya: Unesa University Press


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM