Mata Kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran PNF (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Perkuliahan ini secara umum bertujuan memberi pemahaman dan kemampuan tentang teori-teori belajar dan pembelajaran, mengelola pembelajaran dalam proses belajar-mengajar secara maksimal, diawali dengan pembahasan tentang hakikat dan pengertian pembelajaran dalam proses belajar-mengajar, pembahasan teori pembelajaran diawali dengan pembahasan tentang teori-teori belajar, yang mengedepankan teori belajar behavioristik dan teori belajar konstruktivistik serta pembahasan tentang prinsip-prinsip belajar dan implikasinya dalam pembelajaran PNF.

Capaian Mata Kuliah :

Mahasiswa memiliki pemahaman tentang teori-teori belajar serta penerapannya dalam kegiatan pembelajaran, meliputi ; Teori- teori belajar meliputi: (a) teori Behavioristik, (b) Teori Kognitif, (c) Teori Konstruktivistik, (d) Teori belajar Sosio-kultural (Konstruktivisme), (e) Teori belajar Pemrosesan Informasi, (h) Neuroscience., penerapan teori-teori Belajar ke dalam praktek pembelajaran, dan memiliki kemampuan menganalisis teori-teori belajar serta penerapannya dalam praktek pembelajaran, mengintegrasikan, memperluas dan menggunakan teori-teori belajar dalam aktivitas pembelajaran PNF.

Sumber Rujukan :
  1. Schunk, D.H. 2012. Learning Theories An Educational Perspective ,Sixth Edition.(Indonesian Translation). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Sudjana. 2000. Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.
  3. Soetopo, Hendyat. 2005. Pendidikan dan Pembelajaran. Malang:UMMPress

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM