Mata Kuliah Teori Pendidikan Kritis (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk memiliki pemahaman dan keterampilan melakukan analisis terhadap dasar-dasar pengembangan masyarakat melalui kajian pendidikan dalam konteks realitas sosial.

Capaian Mata Kuliah :

Matakuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk memahami konsep pendidikan kritis sebagai pendidikan orang dewasa dalam pengembangan masyarakat. Materi ini merupakan materi yang terkait dengan proses-proses pendampingan masyarakat, khususnya yang terkait dengan keterampilan menfasilitasi dan mendampingi komunitas. Oleh karena itu materi yang terkait dengan hal ini adalah konsep pendidikan kritis, filsafat dan ideologi pendidikan, Pendidikan Hadap Masalah, Pendidikan Kritis pendidikan yang membebaskan, Memahami politik pendidikan, Metodologi Pendidikan, metodologi pendidikan, Manajemen Training, Merancang Training, Menyusun Kurikulum Training, Kefasilitatoran, Mengolah media pendidikan rakyat, Visualisasi pendidikan.

Sumber Rujukan :

1. TB. Mangunwijaya, Pendidikan Pemerdekaan (Catatan separuh perjalanan SDK Eksperimen Mangunan). Yogjakarta: Dinamika Edukasi Dasar-Misereor/KZE. 2004.

2. Roem Topatimasang, dkk. Pendidikan Kritis: Membangun Kesadaran Kritis (Yogjakarta: Insist, 2005.

3. Paulo Freire, Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan, (Yogjakarta: Pustaka Pelajar dan Read, 2004)

4. Paulo Freire, Pendidikan Masyarakat Kota, Yogjakarta: LKIS, 2003.

5. Paulo Freire, Pendidikan Kaum Tertindas , Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia, 2008.

6. Utomo Dananjaya, Media Pembelajaran Aktif, Bandung: Nuansa, Jakarta: IER Univ. Paramadina, 2012.

7. Roem Topatimasang, Sekolah itu Candu, Yogjakarta: Insist, 2005


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM