Mata Kuliah Analisis Riset Pendidikan Matematika (2 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah :
Pengkajian penelitian pendidikan matematika yang mencakup kecenderungan tema penelitian pendidikan matematika, analisis artikel, kontruksi ide penelitian, dan penulisan karya akademik untuk mengembangkan kerangka teoritik dan konseptual suatu tema/fokus penelitian pendidikan matematika sesuai rencana penelitian yang dipilih mahasiswa. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian analisis artikel (20%) dan penilaian akhir artikel kerangka teoritik(30%).
Pengkajian penelitian pendidikan matematika yang mencakup kecenderungan tema penelitian pendidikan matematika, analisis artikel, kontruksi ide penelitian, dan penulisan karya akademik untuk mengembangkan kerangka teoritik dan konseptual suatu tema/fokus penelitian pendidikan matematika sesuai rencana penelitian yang dipilih mahasiswa. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian analisis artikel (20%) dan penilaian akhir artikel kerangka teoritik(30%).
Capaian Mata Kuliah :
- Menganalisis hasil-hasil penelitian dengan etika akademik yang profesional; (CPL-3,CPL-7)
- Menganalisis tren penelitian pendidikan matematika dengan sikap ilmiah, kritis, dan kreatif; (CPL-7,CPL-9)
- elakukan pembandingan konsep-konsep dan teori-teori pendidikan matematika dengan menyusun argumen yang efektif dan komunikatif untuk menghasilkan karya kreatif dan orisinal; (CPL-3,CPL-7
- Menemukan kerangka konseptual dan teoritik untuk merancang pemecahan masalah pendidikan matematika. (CPL-2,CPL-5)
Sumber Rujukan :
- Asiala, M., Brown, A., DeVries, D. J., Dubinsky, E., Mathews, D., & Thomas, K. (1997). A framework for research and curriculum development in undergraduate mathematics education.Maa Notes, 37-54.
- Atweh, B., Forgasz, H., Nebres, B., & Atweh, W. F. (2001).Sociocultural research on mathematics education: An international perspective. Psychology Press.
- Duval, R. (2000). Basic Issues for Research in Mathematics Education. Proceedings of the Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (PME) (24th, Hiroshima, Japan, July 23-27, 2000), Volume 1.
- English, L. D., & Kirshner, D. (Eds.). (2015).Handbook of international research in mathematics education. Routledge.
- Fan, L., Zhu, Y., & Miao, Z. (2013). Textbook research in mathematics education: development status and directions.ZDM,45633-646.
- Kilpatrick, J. (2020). History of research in mathematics education.Encyclopedia of mathematics education, 349-354
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM