Mata Kuliah Berpikir Matematis (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Pengkajian berpikir matematis dalam memecahkan masalah matematika mencakup proses pemecahan masalah, pemahaman, berbagai jenis penalaran, pemecahan dan pengajuan masalah, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pembuktian matematis. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIK dengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).

Capaian Mata Kuliah :
  1. Mendeskripsikan konsep berpikir matematis dengan sikap ilmiah yang kritis dan kreatif; (CPL-3,CPL-5)
  2. Menganalisis konsep berpikir matematis dengan menyusun argumen yang efektif dan komunikatif untuk menghasilkan karya kreatif dan orisinal; (CPL-3,CPL-5)
  3. Menerapkan konsep berpikir matematis untuk merancang pemecahan masalah pendidikan matematika. (CPL-4,CPL-5)
Sumber Rujukan :
  1. Blitzer, R., & White, J. (2011).Thinking mathematically. Pearson Prentice Hall.
  2. Booker, G. (2005). Thinking mathematically–making sense and solving problems.The Mathematics Education into the 21th Century Project Universiti Teknologi Malayasia, Reform, Revolution and Paradigm Shift in Mathematics Education, Johor Bahru, Malaysia, Nov 25th-Des 1th.
  3. Carpenter, T. P., Franke, M. L., & Levi, L. (2003).Thinking mathematically: Integrating arithmetic and algebra in elementary school. Hanover Street,Portsmouth: Heinemann
  4. Mason, J., Burton, L., & Stacey, K. (2011).Thinking mathematically. Pearson Higher Ed.[
  5. Thompson, P. W., & Carlson, M. P. (2017). Variation, covariation, and functions: Foundational ways of thinking mathematically.Compendium for research in mathematics education, 421-456.

© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM