Mata Kuliah Disertasi (20 SKS)
Penerapan berbagai konsep, teori, dan metodologi sesuai fokus atau topik penelitian yang dipilih, lokus atau sumber data penelitian, dan modus atau perspektif keilmuan yang digunakan secara orisinal, inovatif, dan transdisipliner. Produk mata kuliah ini berupa naskah disertasi meliputi judul, pendahuluan (latar belakang, masalah/fokus, tujan/manfaat, definisi istilah/variabel penelitian), kajian teori, metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan/diskusi, kesimpulan, serta
saran/rekomendasi. Naskah disertasi dipertanggungjawabkan melalui ujian tertutup dan terbuka. Ujian tertutup dan terbuka dihadiri oleh penguji internal dan eksternal. Penilaian ujian disertasi tertutup untuk pengguji meliputi karya disertasi (60%), dan kemampuan presentasi (40%), sedang untuk pembimbing meliputi karya disertasi (50%), kemampuan presentasi (30%), dan penilaian proses (20%).Penilaian ujian disertasi terbuka untuk pengguji meliputi penguasaan materi disertasi (40%), wawasan implementasi hasil disertasi (40%), dan sikap (20%), sedang untuk pembimbing meliputi penguasaan materi disertasi (30%), wawasan implementasi hasil disertasi (40%), sikap (20%) dan proses (10%). Nilai akhir ujian disertasi tertutup maupun ujian disertasi terbuka diperoleh dengan 40% skor rerata penguji ditambah 60% skor rerata pembimbing, sedangkan nilai akhir disertasi diperoleh dari rerata nilai ujian disertasi tertutup dan nilai ujian disertasi terbuka. Mahasiswa dimungkinkan tanpa menempuh ujian terbuka disertasi jika hasil penelitian telah diterbitkan sekurang-kurangnya dalam 2 (dua) karya ilmiah di jurnal internasional bereputasi (terindeks Scopus atauWoS) dan memenuhi syarat/rambu-rambu yang ditentukan.Penilaian dilakukan tim penguji terdiri dari pembimbing dan penguji internal menggunakan instrumen penilaian artikel publikasi pengganti ujian terbuka dengan skala 0-100. Nilai diperoleh dari rerata skor hasil penilaian penguji.
- Menyusun disertasi sesuai etika akademik dan budaya bangsa berdasar konsep pendidikan matematika melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin. (CPL-1, CPL-2, CPL-3,, CPL-7
- Menerapkan konsep, teori, dan metodologi ilmiah dalam mempresentasikan hasil penelitian yang efektif, komunikatif, dan memanfaatkan teknologi. (CPL-2, CPL-4, CPL-8, CPL-9)
- Menyajikan pemecahan masalah melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner sesuai etika akademik. (CPL-1, CPL-2, CPL-3, CPL-7)
- Menyajikan pengelolaan dan pengembangan penelitian sesuai bidang keilmuannya sehingga dihasilkan keputusan yang dapat dipertang- gungjawabkan untuk kepentingan masyarakat. (CPL-8, CPL-9)
- Program Pascasarjana Unesa. (2019).Pedoman Penulisan Thesis dan Disertasi.Surabaya: Program Pascasarjana Unesa
- Murray, R. (2011).How to write a thesis. London: McGraw-Hill Education (UK).
© 2025. Develop BY PPTIx UNESA TEAM