Mata Kuliah Inovasi Pembelajaran Matematika (Innovation OF Mathematics Learning) (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini memberi mahasiswa wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan inovasi dalam pembelajaran matematika. Cakupan materi meliputi konsep dasar inovasi, sejarah inovasi pembelajaran matematika, pendekatan/model/strategi/metode pembelajaran matematika dan level inovasinya, media dan multimedia pembelajaran matematika, pencarian contoh-contoh inovasi pembelajaran matematika, proses adaptasi inovasi, dan penciptaan inovasi. Pembelajaran matakuliah ini disajikan melalui kegiatan studi literatur, pencarian contoh inovasi di internet dan lapangan serta proyek pengembangan inovasi pada level yang diinginkan.

Capaian Mata Kuliah :

1) Menggunakan teknologi informasi dan multimedia dalam mempelajari inovasi dalam pembelajaran matematika.

2) Memiliki pengetahuan tentang konsep inovasi dan kreatif mengembangkan inovasi pembelajaran matematika terkini serta menerapkan dalam praktik pembelajaran matematika.

3) Mengambil keputusan strategis dalam merancang inovasi pembelajaran matematika yang efektif.

4) Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas yang terkait dengan penguatan konsep inovasi pembelajaran matematika dan kreatif penerapannya.

Sumber Rujukan :
  1. Adams, Dennis., Hamm, Marry. (2010). Demystify math, science, and technology : creativity, innovation, and problem S olving . Lanham: Rowman & Littlefield.
  2. Greene, Leonard M. (2001). Intership: The Art of Innovation. New York: John Wiley & Sons.
  3. Siswono, Tatag Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah: Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: Rosdakarya.
  4. Vincent-Lancrin, Stéphan., Urgel, Joaquin., Kar, Soumyajit., and Jacotin, Gwénaël. (2019), Measuring Innovation in Education 2019: What Has Changed in the Classroom?, Educational Research and Innovation, Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264311671-en

© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM