Mata Kuliah Kurikulum Matematika Sekolah (Curriculum OF School Mathematics) (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Matakuliah ini memberi mahasiswa wawasan, pengetahuan, dan keterampilan dalam menerapkan kurikulum matematika sekolah terkini. Cakupan materi meliputi konsep kurikulum, perkembangan kurikulum sekolah, pembandingan dengan kurikulum matematika Internasional, analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi, perumusan tujuan dan indikator ketercapaian, konsep-konsep esensial matematika sekolah dasar dan menengah dan pembelajarannya. Pembelajaran matakuliah ini disajikan melalui kegiatan studi literatur, pencarian artikel mutakhir tentang perkembangan kurikulum dan kurikulum matematika Internasional melalui internet dan penugasan merancang perangkat berdasar kurikulum terkini.

Capaian Mata Kuliah :

1) Memanfaatkan ipteks sebagai alat bantu akses sejarah perkembangan kurikulum matematika sekolah dan teori terkait pengembangan kurikulum pendidikan matematika.

2) Menguasai pengetahuan terkait proses pengembangan kurikulum pendidikan matematika di Indonesia antara lain:needs and situational analyses, stating goals and instructional objectives, choosing syllabus framework, providing for effective teaching dan instructional materials development (the link between syllabus and audience).

3) Mengambil keputusan strategis dalam simulasi pengembangan kurikulum matematika sekolah.

4) Bertanggung jawab dan berkarakter iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, dan tangguh dalam penyelesaian tugas yang terkait pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum terbaru.

Sumber Rujukan :

[1]. Goos, M., Stillman, G., Vale, C. (2007).Teaching Secondary School Mathematics Reasearch and Practice for the 21st Century. Australia: Allen & Unwin.

[2]. Ibrahim, dkk. (2013). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Rajarafindo Persada.

[3]. Hamdani, Hamid. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

[4]. Roschelle, J., Shechtman, N., Tatar, D., Hegedus, S., Hopkins, B., Empson, S., ... & Gallagher, L. P. (2010). Integration of technology, curriculum, and professional development for advancing middle school mathematics: Three large-scale studies.American Educational Research Journal,47(4), 833-878.

[5]. Sukmadinata, Nana Syaodih. (2013). Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.[6]. Yee, Lee Peng. (2006).Teaching Secondary School Mathematics a Resource Book. McGraw-Hill.


© 2024. Develop BY PPTIx UNESA TEAM